Advertisement

Kalau Mau Maju, Pelaku Desa Wisata di Jogja Harus Kuasai Ini

Abdul Hamied Razak
Sabtu, 04 Agustus 2018 - 23:37 WIB
Kusnul Isti Qomah
Kalau Mau Maju, Pelaku Desa Wisata di Jogja Harus Kuasai Ini Sebanyak 30 orang peserta mengikuti pelatihan yang mengangkat topik Membangun Semangat Kebersamaan di Cangkringan, Sleman, Sabtu (4/8/2018). - Ist/BCA

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN-Pengembangan potensi desa wisata memang penting. Namun, meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) juga tidak kalah penting. Salah satunya penguasaan komunikasi bagi pengelola desa wisata.

Pimpinan BCA Kantor Cabang Utama (KCU) Jogja Saswito mengatakan, melalui program Solusi Bisnis Unggul BCA pihaknya memberikan Pelatihan Skill Komunikasi dan Kepemimpinan bagi Pengurus Desa Wisata Pentingsari. Ada 30 orang peserta yang mengikuti pelatihan yang mengangkat topik Membangun Semangat Kebersamaan.

Advertisement

Dia mengatakan pelatihan tersebut bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan komunikasi yang efektif bagi pengurus desa wisata Pentingsari. Program tersebut sebagai salah satu wadah untuk semakin memperkaya pengetahuan maupun kompetensi setiap individu di Desa Wisata Pentingsari agar mampu berkomunikasi secara asertif pengembangan bisnisnya.

"Kami berharap mereka mampu memimpin tim dengan solid sekaligus membekali para pemimpin agar dapat melayani masyarakat dan kelompok wisata dengan kultur kemasyarakatan,” katanya melalui rilis yang diterima Harianjogja.com, Sabtu (4/8/2018).

Vice President Corporate Social Responsibility (CSR) BCA Ira Bachtar menjelaskan, pelatihan skill komunikasi dan kepemimpinan bagi warga Desa Wisata Pentingsari ini diselenggarakan dalam rangka regenerasi kepengurusan di desa wisata Pentingsari. "Hal itu sekaligus bentuk partisipasi BCA dalam fungsi tanggung jawab sosialnya untuk ikut mengembangkan bisnis komunitas maupun desa wisata yang dapat berkontribusi memakmurkan masyarakat daerah," katanya.

Pelatihan kepemimpinan ini diadakan, katanya, karena salah satu faktor yang mendukung keberhasilan pengembangan industri pariwisata yaitu kualitas sumber daya manusia (SDM). Pihaknya menyadari sumber daya manusia adalah pendorong utama pertumbuhan ekonomi yang merupakan aset utama untuk menumbuhkembangkan desa wisata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement