Setiap Pekan Ada 5 sampai 7 Kasus Penipuan Online di Sleman

Kapolres Sleman AKBP Firman Lukmanul Hakim - Harian Jogja/Irwan A Syambudi
12 Agustus 2018 23:17 WIB Irwan A Syambudi Sleman Share :
Ad Tokopedia

Harianjogja.com, SLEMAN-Semakin berkembangnya teknologi internet membuat orang semakin mudah untuk berkomunikasi dan juga beraktivitas jual beli online. Namun, hal tersebut juga banyak disalah gunakan karena laporan penipuan online cukup tinggi.

"Dalam sepekan, di Sleman itu tindak pidana penipuan bisa sampai lima sampai tujuh kasus. Bukan penipuan biasa, tapi penipuan dengan modus online dan korbannya kebanyakan yang beli lewat online," kata Kapolres Sleman AKBP Firman Lukmanul Hakim, Minggu (12/8/2018).

Berdasarkan sejumlah laporan yang telah masuk, pihaknya telah melakukan penyelidikan. Dan dari hasil penyelidikan ditemukan fakta bahwa pelaku penipuan kebanyakan menjalankan aksinya dari luar wilayah DIY.

"Jadi setelah dicek, kebanyakan dari luar DIY dan luar pulau Jawa yang menipu itu," katanya.

Menurut Firman banyaknya kasus penipuan online di Sleman itu karena sejalan dengam perkembangan di wilayah Sleman yang cenderung pesat. Terlebih dalam segi perekonomian masyarakat Sleman yang sudah lebih bergeliat.

Pada dasarnya, pihaknya turut mendukung segala kegiatan perekonomian masyarakat. Namun demikian pihaknya tetap mengimbau agar masyarakat meningkatkan kewaspadaan, khusunya dalam bertransaksi jual beli melalui online.

Ad Tokopedia