Advertisement

Muncul Kubah Lava Baru, Warga Lereng Merapi Tak Panik

Irwan A Syambudi
Senin, 20 Agustus 2018 - 13:15 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Muncul Kubah Lava Baru, Warga Lereng Merapi Tak Panik Foto kubah lava baru Merapi - Ist/BPPTKG

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN— Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPTKG) DIY menyampaikan informasi adanya kubah lava baru di Gunung Merapi. Namun demikian warga di lereng Merapi tetap tenang.

Kepala Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Heri Suprapto, mengatakan warganya tidak panik dengan adanya informasi tersebut. Warga Kepuharjo yang sebagian berada di kawasan rawan bencana (KRB) III pun tetap beraktivitas dengan normal. Diakuinya sudah ada pemberitahuan dan dan sosialisasi sebelumnya dari BPPTKG DIY sehingga tidak ada kepanikan. "Namun warga tetap kami imbau tetap waspada dalam beraktivitas,” ujarnya, Minggu (19/8/2018).

Advertisement

Khusus untuk sejumlah warga yang berada di Dusun Kopeng yang termasuk dalam KRB III diminta untuk selalu waspada. Ia memberikan perhatian lebih kepada sejumlah warga yang ada dusun tersebut karena sebagian masih ada yang beraktivitas di dekat puncak Gunung Merapi. “Biasanya ada warga yang merumput hingga atas, untuk saat ini memang belum ada larangan. Tapi diimbau untuk hati-hati dan waspada,” kata Heri.

Sebelumnya diberitakan BPPTKG DIY mengungkapkan fakta baru terkait dengan aktivitas Merapi. Kepala BPPTKG DIY, Hanik Humaida, mengatakan bahwa ada kubah lava baru di puncak Merapi. Kubah lava tersebut memiliki panjang sekitar 55 meter, lebar 25 meter persegi, dan tinggi lima meter dari permukaan kubah yang terbentuk 2010. Kubah tersebut diperkirakan muncul sekitar 11 Agustus lalu. "Pembentukannya diawali dengan kejadian embusan besar 11 Agustus sekitar pukul 08.00 WIB terjadi gempa embusan besar. Gemuruh terdengar oleh warga Deles," kata Humaida.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Petinggi Freeport Temui Jokowi, Ini yang Dibahas

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 18:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement