Advertisement

Kapal Rusak di Tengah Laut, Nelayan di Gunungkidul Nyaris Tewas Tenggelam

Herlambang Jati Kusumo
Selasa, 04 September 2018 - 13:20 WIB
Arief Junianto
Kapal Rusak di Tengah Laut, Nelayan di Gunungkidul Nyaris Tewas Tenggelam Ilustrasi perahu nelayan. - Harian Jogja/Salsabila Annisa Azmi

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Kapal yang ditumpangi seorang nelayan bernama Sogimin, 54 warga Pacitan, Jawa Timur terbalik dihempas ombak saat berada di laut yang ada di sekitar Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Gunungkidul, Selasa (4/9/2018).

Koordinator SAR Satlinmas Korwil I, Sunu Handoko mengatakan tenggelamnya kapal nelayan tersebut dikarenakan mesin kapal mengalami kerusakan sehingga tidak dapat dikendalikan dengan baik oleh Sogimin.

Advertisement

“Awalnya Sogimin sekitar pukul 05.30 WIB berangkat dari dermaga Pantai Sadeng menuju Pantai Jungwok. Sesampainya di sana, ia menebar pancing untuk menangkap gurita. Namun tanpa disadari senar pancing terlilit di baling-baling kapal,” ujar Sunu, Selasa.

Akibatnya baling-baling kapal tidak dapat bekerja dengan baik sehingga kapal tidak dapat dikendalikan. Kapal yang ditumpangi Sogimin seorang diri itu semakin menepi, karena terbawa arus. “Saat gelombang besar yang datang kapal tersebut terhantam, dan menyebabkan kapal terbalik. Beruntung korban masih sempat meloncat kelaut dan berenang ke tepi Pantai,” kata dia.

Petugas SAR yang ada di lokasi pun segera bergegas menyelamatkan korban. Beruntung korban bisa diselamatkan dan kapal dapat dievakuasi ke Pantai Jungwok hanya saja akibat kejadian tersebut kapal mengalami kerusakan pada brayungan kapal patah dan tutup mesin hancur. Kerugiannya ditaksir mencapai Rp10 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement