Area Lereng Merapi Terbakar

Ilustrasi kebakaran lahan. - Antara
13 September 2018 05:50 WIB Fahmi Ahmad Burhan Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN- Sekitar 60 meter persegi lahan hutan di Lereng Merapi terbakar pada Rabu (12/9/2018) siang. Kebakaran diduga karena semak belukar yang kering di musim kemarau. 

Kasubag Tata Usaha Balai Taman Nasional Gunung Merapi (BTNGM) Akhmadi mengatakan kejadian terbakarnya lahan hutan di Lereng Merapi tersebut terjadi pada pukul 12.45 WIB. Lokasi kejadian yaitu di Jurang Jero, Desa Ngargosoko, Srumbung, Magelang.

"Ada laporan dari warga, jarak antara lokasi kebakaran dengan aktivitas warga kurang lebih satu kilometer," ujarnya pada Harianjogja.com Rabu (12/9/2018).

Menurut Akhmadi, tim pemadam dari petugas, relawan, dan warga mulai memadamkan dari pukul 13.30 WIB. "Menurut laporan, api mulai padam sekitar pukul 15.30 WIB," kata Akhmadi.

Luas area hutan yang terbakar yaitu sekitar 60 meter persegi. Menurut Akhmadi, sampai saat ini penyebab kebakaran masih menunggu hasil. Namun untuk sementara, pihaknya menduga kebakaran terjadi karena lahan yang terdapat banyak semak belukar itu kering pada musim kemarau.

Akhmadi mengatakan untuk Lereng Merapi ada beberapa wilayah yang masuk rawan kebakaran. Namun menurutnya yang paling banyak itu masuk wilayah Magelang. 

Sementara itu, Kabid Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Sleman Makwan mengatakan untuk wilayah Lereng Merapi yang masuk Kabupaten Sleman ia mengatakan sedikit kemungkinan terjadi kebakaran lahan hutan. "Sedikit kemungkinan, dan kalau yang Sleman masih bisa terpantau," ujarnya.