Advertisement

Resmi Dibuka, Manunggal Fair 2018 Hadirkan Beragam Inovasi UMKM di Kulonprogo

Uli Febriarni
Jum'at, 28 September 2018 - 20:15 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Resmi Dibuka, Manunggal Fair 2018 Hadirkan Beragam Inovasi UMKM di Kulonprogo Wakil Bupati Kulonprogo, Sutedjo, memukul gong sebagai tanda dimulainya Manunggal Fair 2018 di Lapangan Pengasih, Kecamatan Pengasih, Jumat (28/9 - 2018) sore.Harian Jogja/Uli Febriarni

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Pemkab Kulonprogo menggelar Manunggal Fair Kulonprogo 2018. Kegiatan yang diikuti oleh lebih dari 200 usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Kulonprogo ini menampilkan beragam inovasi produk usaha.

Wakil Bupati Kulonprogo, Sutedjo, mengungkapkan kegiatan yang berlangsung mulai 28 September hingga 7 Oktober 2018 ini merupakan ajang promosi produk unggulan dan edukasi program pembangunan di Kulonprogo. Ia mengapresiasi inovasi yang dilakukan UMKM, karena berarti mereka telah memperkaya jenis produk usaha.

Advertisement

Hadirnya banyak UMKM dengan beragam jenis makanan ringan, kerajinan dan industri rumah tangga memberi kesempatan bagi para produsen skala kecil dan menengah dalam meningkatkan kompetensi produknya.

"Misalnya terkait dengan standar kualitas, pengemasan hingga pemasarannya. Pemkab bersama dinas terkait terus membantu memperjuangkan pengakuan sertifikasi dan standardisasi produk yang akan membuat pelaku UMKM lebih kompetitif dalam menembus pasar lebih luas," kata Sutedjo seusai membuka kegiatan, Jumat (28/9).

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kulonprogo, Rudiyatno, mengatakan Manunggal Fair 2018 menjadi penopang terhadap pembangunan daerah sekaligus menjadi ajang promosi produk unggulan daerah. Selain itu juga menjadi wadah edukasi dan perluasan informasi publik sehingga membawa manfaat besar bagi perekonomian daerah. Ia berharap pameran ini akan menumbuhkan iklim kompetisi produktif di kalangan usaha.

Direktur Utama Perusahaan Daerah (Perusda) Aneka Usaha, Suharyanto, menyatakan pameran ini tak hanya melibatkan para pelaku UMKM dan usaha lain di Kulonprogo, tetapi juga pemberdayaan warga sekitar lokasi untuk berbagai kegiatan pendukung. Manunggal Fair 2018 merupakan kegiatan yang diinisiasi oleh Diskominfo Kulonprogo menggandeng Perusda Aneka Usaha.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Jadwal Layanan SIM di Bantul Mei 2024

Jadwal Layanan SIM di Bantul Mei 2024

Jogjapolitan | 5 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kapal Perang Belanda Akan Berlabuh di Tanjung Priok 15-17 Mei 2024

News
| Selasa, 14 Mei 2024, 05:27 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement