Advertisement

Gerakan Ekstrem Seperti Penyakit

I Ketut Sawitra Mustika
Sabtu, 29 September 2018 - 11:10 WIB
Laila Rochmatin
Gerakan Ekstrem Seperti Penyakit SMA Muhammadiyah Al-Mujahidin, membacakan ikrar antiradikalisme, Senin (14/5). - Harian Jogja/Herlambang Jati Kusumo

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA -- Gerakan ekstrem radikal seperti halnya penyakit, yang jika didiamkan atau tidak ditindaklanjuti oleh pemerintah, akan mengancam dan mengudeta NKRI dalam level konstitusional.

Hal ini disampaikan Rektor UIN Sunan Kalijaga (Suka) Jogja Profesor Yudian Wahyudi dalam kuliah umum bertema Mencegah Pengaruh Ideologi Ekstrimisme di Kalangan Anak Muda Indonesia yang digelar Ikatan Alumni UIN Sunan Kalijaga (Ikasuka), Kamis (27/9/2018).

Advertisement

Menurut Rektor, setidaknya pemerintah harus berani mengatakan Indonesia yang dilandasi Pancasila adalah negara hukum religius dan sekularitas, baik sumber dan tujuannya.

Menurut dia, Pancasila adalah ideologi religius karena muatannya bersifat Illahi dan wadh'i (kekinian). Dengan demikian Pancasila adalah hasil keputusan bersama (ijma/konsensus) dari hukum Tuhan yang kemudian diijtihadkan dengan pemahaman atau konsep baru yang lebih maslahat (sekularitas) dan mengoptimalisasi nilai-nilai lokal.

Pembicara lain, Dirbintibmas Korbinmas Baharkam Polri Brigjen Pol. Edi Setio Budi Santoso mengungkapkan paham ekstremisme banyak menyerang kalangan muda dari berbagai sisi, baik pola pikir, radikal teroris, radikalisasi agama, dan paling masif adalah melalui media. Ekstremisme dalam pandangan dia adalah paham sekaligus tindakan di luar batas nalar dan kesepakatan moral maslahat.

"Kaum muda yang diserang adalah mereka yang memiliki kecenderungan merasa terkucilkan oleh negara dan mudah terdoktrinasi oleh isu global," jelas Edi.

Sekretaris Jenderal Ikasuka Abdur Rozaki dalam sambutanya menjelaskan pemilihan tema Mencegah Pengaruh Ideologi Ekstrimisme di Kalangan Anak Muda Indonesia di latarbelakangi oleh beberapa fenomena yang cukup memprihatinkan akhir-akhir ini. Khususnya adalah wilayah gerakan ekstrem radikal yang ditunjukkan oleh beberapa kelompok yang menghendaki perubahan konstitusi negara dan beberapa paham ekstrem lainnya, yang meliputi wilayah gerakan pemikiran.

Acara ini merupakan gebrakan perdana dari agenda tahunan Ikasuka yang diharapkan mampu membentengi anak muda dalam menjaga dan membela negara.

“Di sisi lain ini merupakan upaya perguruan tinggi Islam negeri dalam mengusung Islam Indonesia sebagai kiblat dunia muslim melalui moderasi Islam," tutur Abdur Rozaki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Jual Miras, Toko di Berbah Ditutup

Jual Miras, Toko di Berbah Ditutup

Jogjapolitan | 10 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Konflik Israel di Gaza, China Serukan Gencatan Senjata

News
| Selasa, 16 April 2024, 19:07 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement