Advertisement

Kembangkan Kebudayaan, Desa Tlogoadi Gelar Malam Rintisan Desa Budaya

Fahmi Ahmad Burhan
Senin, 01 Oktober 2018 - 13:15 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Kembangkan Kebudayaan, Desa Tlogoadi Gelar Malam Rintisan Desa Budaya Ilustrasi kirab budaya - JIBI/Dok

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Desa Tlogoadi, Kecamatan Mlati, menggelar Malam Rintisan Desa Budaya mulai Jumat (28/9/2018) sampai Sabtu (29/9/2018). Acara ini bertujuan untuk mengembangkan kebudayaan sebagai peninggalan nenek moyang.

Kepala Desa Tlogoadi, Sutarjo, mengatakan di desanya setiap dusun terdapat potensi kesenian yang merupakan peninggalan nenek moyang. Oleh karena itu pemerintah desa menggelar Malam Rintisan Desa Budaya sebagai upaya mengembangkan kesenian tersebut.

Advertisement

"Dalam acara Malam Rintisan Desa Budaya ditampilkan berbagai kesenian seperti mocopatan, wayang orang Krido Bekso Sembodo, orkes Opo Anane, sendratari Bokari dari Cebongan dan Dadung Awuk Ngudi Laras dari Sanggrahan, Tlogoadi," kata Sutarjo, akhir pekan kemarin.

Sutarjo mengatakan selain adanya penampilan seni, ada juga bazar, potensi industri kerajinan, makanan dan minuman dari wilayah Desa Tlogoadi. "Acara ini mendapat apresiasi dari masyarakat yang menyaksikannya juga bisa menumbuhkan partisipasi masyarakat, sifat toleransi, kegotongroyongan dan kebersamaan. Acara itu juga sebagai bagian dari Hari Jadi ke-72 Desa Tlogoadi," ujarnya.

Wakil Bupati Sleman, Sri Muslimatun, berharap acara tersebut tidak hanya bisa diadakan di Desa Tlogoadi, tapi juga bisa digelar di desa-desa lainnya. "Desa budaya bisa membendung efek negatif kemajuan teknologi yang selain membawa dampak yang positif, namun tidak jarang membawa dampak negatif bila tidak disaring dan dipilah-pilah dengan baik," kata Muslimatun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Siap-Siap! Desain Paspor Bakal Berubah Tahun Ini

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 19:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement