Advertisement

Batas Akhir Pembayaran PBB Sudah Lewat, Ini Capaian di Gunungkidul

Herlambang Jati Kusumo
Selasa, 02 Oktober 2018 - 15:20 WIB
Arief Junianto
Batas Akhir Pembayaran PBB Sudah Lewat, Ini Capaian di Gunungkidul Ilustrasi pajak - Bisnis.com

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Hingga batas akhir pembayaran Pajak Bumi Bangunan (PBB), Minggu (30/9) belum semua warga di Gunungkidul lunas. Tercatat hingga saat ini dari 144 desa di Gunungkidul, baru 50 desa yang warganya telah melunasi PBB.

Plt Kepala Bidang Pelayanan, Penagihan dan Pengendalian, Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Gunungkidul, Supriyatin menuturkan secara hitungan jumlah desa capaian tahun ini menurun jika dibanding tahun lalu. Namun secara nominal meningkat. “Untuk capaian ukurannya desa yang sampai lunas memang menurun tahun kemarin mencapai 64 desa yang lunas. Tahun ini baru 50 desa yang lunas sampai Minggu kemarin,” ujarnya, Selasa (2/10/2018).

Advertisement

Sedangkan kecamatan, baru ada dua yang sudah lunas, yakni Gedangsari dan Purwosari. Capaian itu lebih rendah dari tahun kemarin lantaran pada tahun kemarin ada lima Kecamatan yang lunas yaitu Gedangsari, Purwosari, Panggang, Girisubo, Rongkop.

Menurut dia penurunan jumlah pembayaran pajak oleh para wajib pajak tersebut dikarenakan banyak wajib pajak yang berada di luar Gunungkidul. Pihaknya mengaku terus mengupayakan penagihan dengan jemput bola ke desa-desa, dan mulai Senin (1/10/2018) dia sudah mengonfirmasi yang bersangkutan.

“Dalam penagihan ini memang kami intervensi terutama desa yang capaiannya masih rendah. Kami terus mewara-warakan ke desa sekaligus jemput bola juga dan memasang spanduk-spanduk untuk mengingatkan membayar. Saya rasa cukup tinggi animo masyarakat saat ini,” katanya.

Supriyatin menuturkan jika warga tidak membayar pajak sebenarnya rugi sendiri, lantaran wajib pajak akan terkena denda jika tidak tertib membayar pajak.

Berdasarkan catatan dari BKAD Gunungkidul, capaian PBB saat ini mencapai Rp18,909 miliar, dengan denda terhitung Rp19,329 miliar. Adapun target capaian tahun ini mencapai Rp23,76 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement