Pesta Boneka Tahun Ini, Peserta Diajak Memahami Perbedaan

Acara di Papermoon Puppet Theatre beberapa waktu lalu. IST
09 Oktober 2018 11:10 WIB Laila Rochmatin Bantul Share :

Harianjogja.com, JOGJA -- Papermoon Puppet Theatre akan kembali menggelar Pesta Boneka dan tahun ini adalah yang keenam kali diadakan. Kegiatan ini mengambil tempat di IFI Jogja dan Java Poetry Resto pada 12-13 Oktober 2018. Sedangkan penyelenggaraan di Desa Kepek, Bantul akan digelar 14 Oktober.

Pesta boneka adalah sebuah ruang untuk berinteraksi, tidak hanya bagi para seniman teater boneka dari Indonesia dan berbagai penjuru dunia, tetapi juga bagi masyarakat umum.

Menurut Humas Acara Amelberga Astri, melalui pesta boneka, diharapkan publik bisa melihat bagaiman teater boneka digunakan dan berperan dalam menyampaikan pesan, dan ikut terlibat di dalamnya.

“Memilih tema The Journey, Pesta Boneka tahun ini mengajak semua orang untuk merayakan makna atas sebuah perjalanan, pengalaman, dan penghargaan keragaman budaya dan kultur yang kita temui,” jelas Astri dalam rilis yang dikirim Senin (8/10/2018).

Pemilihan lokasi yang berbeda, tidak hanya dalam artspace tapi juga di desa, bertujuan memberikan tantangan bagi para seniman untuk saling berinteraksi, mengeksplorasi seluas-luasnya, dan menghasilkan karya baru.

Tahun ini merupakan kali pertama Pesta Boneka membuka pendaftaran bagi peserta. Proses kurasi dilakukan oleh Ria, mulai dari profil seniman hingga proses kekaryaannya, dan yang paling penting, keinginan seniman itu sendiri untuk berbagi.

Akan ada 29 grup/seniman multi disiplin dari 17 negara, seperti Indonesia, Jepang, Thailand, Amerika Serikat, Canada, Argentina, Australia, Polandia, dan Prancis yang akan hadir dan mempresentasikan proses kreatif mereka dalam 31 sesi pertunjukan selama tiga hari pelaksanaan festival.

“Bagi publik yang ingin menyaksikan pertunjukan, tidak akan dipungut biaya tetapi cukup dengan memberikan donasi berupa buku cerita anak [nonreligi],” kata Astri.