PEMILU 2019: Sekitar 4.000 Sukarelawan Pendukung Jokowi Resmi Dideklarasikan

Ilustrasi Pemilu - JIBI
12 Oktober 2018 23:20 WIB Sunartono Jogja Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Sukarelawan Jokowi yang tergabung dalam Gerakan Relawan Jokowi (GRJ) akan menggelar deklarasi, Sabtu (13/10/2018) di Pyramid Cafe, Jalan Parangtritis, Bantul. Kegiatan itu akan menghadirkan sejumlah tokoh sekaligus melakukan penggalangan dana untuk disumbangkan kepada korban gempa tsunami Sulawesi Tengah (Sulteng).

Ketua Harian GRJ DIY Heru Sapto Putro mengatakan jumlah anggota GRJ sedikitnya 4.000 orang dari berbagai wilayah di Indonesia, khusus untuk di Jogja ada sekitar 500 sukarelawan. GRJ, kata dia, berpusat di Jogja dan secara resmi telah didaftarkan akta pendiriannya di Kemenkumham, sehingga legalitasnya bisa dipertanggungjawabkan.

Beberapa program yang akan dilakukan antara lain membantu mencegahnya terjadi hoaks dengan melaksanakan tahapan pemilu sesuai prosedur. "Dalam deklarasi tersebut, kami akan mengumpulkan bantuan untuk korban gempa, terutama akan disumbangkan kepada mahasiswa Sulteng terdampak gempa tsunami, yang saat ini tinggal di Jogja," ujar dia dalam keterangan persnya, Jumat (12/10).

Dalam deklarasi tersebut, rencananya akan hadir sejumlah tokoh, seperti Ganjar Pranowo, Hasto Wardoyo, Idham Samawi, Hayono Isman dan sejumlah tokoh lain pendukung Jokowi.

Ketua Bidang Organisasi GRJ Lestanta Budiman mengatakan program lain yang akan dilakukan antara lain GRJ berusaha membuktikan bahwa harga pangan stabil dengan mengerahkan ratusan ibu-ibu untuk belanja ke pasar tradisional. Jumlah ibu-ibu yang akan dikerahkan sekitar 300 orang. Mereka akan disebar pada lima pasar tradisional kategori besar di DIY, seperti pasar Beringharjo, Pasar Sleman. "Kami ingin membuktikan bahwa dengan uang Rp50.000 itu ke pasar tradisional dapat banyak barang," kata dia.