Advertisement

Bertemu Sri Sultan HB X, Ma'ruf Amin Bahas Demokrasi

Sunartono
Senin, 15 Oktober 2018 - 11:48 WIB
Kusnul Isti Qomah
Bertemu Sri Sultan HB X, Ma'ruf Amin Bahas Demokrasi Ma'ruf Amin - ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Cawapres KH Ma'ruf Amin melakukan kunjungan ke kediaman Sri Sultan Hamengkubuwono X Kraton Kilen, Kompleks Kraton Jogja, Senin (15/10/2018). Selama bertemu dengan HB X membahas berbagai persoalan bangsa, salah satunya mendiskusikan tentang demokrasi.

Menurutnya, HB X sangat mengharapkan agar demokrasi yang berjalan tidak merusak nasionalisme dan keutuhan bangsa. Demokrasi harus dilaksanakan secara proporsional dan berimbang sehingga tidak menimbulkan ketegangan dari berbagai pihak.

Advertisement

Ia mengatakan HB juga berpesan agar menjaga keutuhan bangsa, memperbaiki sistem yang masih ada. Kemudian menyempurnakan dengan membangun kebijakan antara pusat seirama dengan daerah.

"Itu harapannya, menurut saya sangat penting dalam menjahlga keutuhan bangsa, jangan sampai dengan pilpres upaya ingin menang merusak keutuhan nasonal," ungkapnya seusai bertemu HB X, Senin (15/10/2018).

Ma'ruf Amin juga menanggapi terkait penyebaran foto di medsos saat dirawat di rumah sakit. Ia menegaskan foto tersebut tidak benar karena foto itu saat melakukan pemeriksaan di 2016 silam.

"Wah itu ngaco, orang saya sehat, saya berkeliling ke mana-mana, ternyata ada gambar saya 2016 check up, ini ngaco betul 2016 kok sekarang [disebarkan] saya tidak tahu apa maksudnya," katanya.

Dalam kunjungan itu, ia sempat menunaikan ibadah salat di Masjid Panepen Kraton Jogja dengan diantar oleh HB X.

KH Ma'ruf Amin menjelaskan hari kedua di Jogja, ia mengunjungi Gubernur DIY Sri Sultan HB X. Dalam pertemuan itu berlangsung lebih dari sejam. Bahkan, kata dia, HB X sempat mengantar dan menungguinya saat menunaikan ibadah salat di Masjid Panepen, Kraton Kilen.

"Beliau mengantar saya, nungguin saya salat di Masjid Panepen, ada sekitar 20 menit saya ditungguin di Masjid Panepen, dan itu bersama anak-anaknya. Alhamdulillah beliau sangat menyambut saya dengan senang, hormat," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Yusril Serahkan Berkas Putusan Asli MK ke Prabowo Subianto

News
| Selasa, 23 April 2024, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement