Advertisement

Jogjabike, Sepeda Berbasis Daring, Pertama Kali Hadir di Jogja

Abdul Hamied Razak
Sabtu, 27 Oktober 2018 - 21:50 WIB
Bhekti Suryani
Jogjabike, Sepeda Berbasis Daring, Pertama Kali Hadir di Jogja Wali Kota Jogja Haryadi Suyuti (tengah) mencoba layanan Jogjabike dengan melintasi kawasan di sekitar Malioboro, Sabtu (27/10/2018). - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Layanan bike sharing atau berbagi sepeda menggunakan aplikasi daring akhirnya digunakan pertama kali di Kota Jogja. Aplikasi berbasis smartphone yang merupakan produk lokal Jogja ini dinamai Jogjabike.

Jogjabike merupakan layanan berbagi sepeda yang disediakan Pemkot untuk wisatawan dan bekerja sama dengan sebuah komunitas melalui Program Jogja Ada Sepeda. Jogjabike yang dikelola secara profesional ini menghadirkan sebuah sepeda smart khas Jogja, baik aplikasi daring maupun perangkat sepedanya. Sepeda ini untuk tahap awal hanya dioperasikan di area wisata Malioboro.

Advertisement

Salah satu penggagas Jogjabike Muhammad Aditya, mengungkapkan kehadiran Jogjabike untuk memfasilitasi wisatawan menikmati keindahan Kota Jogja. Apalagi, bike sharing menggunakan aplikasi smartphone di Jogja belum ada yang menerapkan.

"Tahap pertama ini, layanan bike sharing baru diberikan di sekitar Malioboro. Kemudian, secara berkala akan ada 1.000 sepeda yang tersebar di berbagai fasilitas publik dan destinasi wisata," kata Aditya, di sela-sela launching Jogjabike, Sabtu (27/10/2018).

Komisaris Jogjabike Triyanto mengatakan dari sisi kualitas aplikasi maupun perangkat sepeda yang digunakan, Jogjabike tidak kalah dengan produk impor. Jogjabike bahkan diklaim lebih unggul dibandingkan aplikasi serupa di Tiongkok maupun Singapura. Setiap pengguna layanan ini harus start dan finis di halte yang telah disediakan.

"Dari sisi spesifikasi sepeda, ini khas Jogja. Untuk ontelan matik, tidak berat dan ringan. Pas dengan kontur Kota Jogja yang mayoritas jalanannya rata," jelas dia.

Dengan kekhasan tersebut, Jogjabike optimistis mampu mendukung pariwisata di Kota Jogja. Jogjabike bisa dijadikan sebagai destinasi wisata baru di Kota Gudeg.

"Kami berharap, wisatawan bisa menikmati Kota Jogja dengan bersepeda. Mereka tinggal download aplikasi, sudah jalan," kata alumnus SMA N 3 Kota Jogja ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kuta Selatan Bali Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,0

News
| Jum'at, 26 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement