Advertisement

Daftar Pemilih Pemilu 2019 Masih Terus Diperbaiki

Herlambang Jati Kusumo
Rabu, 07 November 2018 - 14:17 WIB
Kusnul Isti Qomah
Daftar Pemilih Pemilu 2019 Masih Terus Diperbaiki Pekerja sedang memindahkan kotak suara pemilu 2019 ke gudang penyimpanan milik KPU Gunungkidul, Jumat (26/10/2018). - Harian Jogja/David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Gerakan Melindungi Hak Pilih (GMHP) yang berakhir pada akhir Oktober kemarin dinilai ada beberapa hal yang menjadi penghambat.

Komisioner bidang pengawasan, hubungan masyarakat dan hubungan antar lembaga, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Gunungkidul, Rosita mengatakan untuk penyelenggara sebenarnya sudah baik dalam menjalankan GMHP, hanya saja peran aktif masyarakat masih kurang.

Advertisement

"Penyelenggara sudah aktif, sesuai prosedur. Namun masyarakat yang kurang aktif dalam sehari belum tentu satu desa itu ada masyarakat yang datang," kata Rosita, Selasa (6/11/2018).

Selain itu pada sistem online, sejumlah tempat mengalami kendala pada sinyal. Sistem informasi data pemilih (Sidalih) pun dikatakan Rosita menurut laporan petugas di lapangan mengalami beberapa masalah.

Rosita juga mendorong pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk memperhatikan pemilih yang telah lanjut usia dan para pemilih disabilitas untuk dipastikan hak memilihnya tidak hilang. Begitupun dengan pemilih pemula, karena pada saat rekama E-KTP di salah satu sekolah, ada beberapa anak yang sudah rekam dan memiliki E-KTP namun belum masuk daftar pemilih.

Sementara itu Ketua KPU Gunungkidul Ahmadi Ruslan Hani menjelaskan terkait GMHP sudah dilakukan dengan membuka posko baik di tingkat desa maupun kecamatan, baik diam maupun bergerak.

"Untuk yang diam itu di sekretariatan sementara untuk yang bergerak kami datangi seperti pesantren, asrama dan lain sebagainya," katanya.

Dengan gerakan ini diharapkan dapat memasukan daftar pemilih yang sebenarnya memenuhi syarat dan mencoret yang tidak memenuhi syarat.

Dari hasil perbaikan tersebut nantinya akan ditetapkan sebagai Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) 2, dan diplenokan pada Senin (12/11/2018).

Saat disinggung kemungkinan akan ada perbaikan pemilih lagi, Hani mengatakan belum dapat memastikan. "Tergantung kebijakan pusat, dan rekokendasi Bawaslu," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 2 hours ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Ungkap Mantan Kepala Bea Cukai Jogja Lakukan Pencucian Uang Capai Rp20 Miliar

News
| Sabtu, 20 April 2024, 07:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement