Advertisement

Terganjal Laporan, 20 Desa di Sleman Belum Bisa Cairkan Bantuan Keuangan Khusus

Fahmi Ahmad Burhan
Selasa, 13 November 2018 - 13:50 WIB
Bhekti Suryani
Terganjal Laporan, 20 Desa di Sleman Belum Bisa Cairkan Bantuan Keuangan Khusus Ilustrasi - JIBI/Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN- Pada pencairan tahap II Dana Bantuan Keuangan Khusus (BKK) desa di Sleman, masih ada 20 desa yang belum bisa dicairkan. Kendala belum cairnya dana BKK tahap II tersebut terkait pelaporan anggaran.

Kepala Seksi Keuangan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Sleman Agung Endarto mengatakan dalam pencairan dana BKK tahap II di tahun ini, pihaknya masih belum bisa mencairkan pada 20 desa dari 86 desa yang mendapat dana BKK. Di tahun ini pihaknya mencairkan dana BKK pada dua tahap dengan masing-masing 50% dari keseluruhan.

Advertisement

Menurutnya, dalam pencairan dana BKK, syarat bisa cairnya dana BKK diantaranya minimal 75% serapan dana dan menyerahkan laporan penggunaan dana tersebut. "Di 20 desa itu, masih ada kendala terkait pelaporan dana di tahap pertamanya, jadi belum bisa car di tahap II," ujar Agung pada Harianjogja.com, Senin (12/11/2018).

Agung mengatakan jumlah kucuran dana BKK ke semua desa di tahun ini sebesar Rp29 miliar. Sementara tahun lalu, jumlah dana BKK sebesar Rp17,2 miliar.

"Masing-masing desa akan berbeda kucuran dananya, tergantung kebutuhan dan proposal yang diajukan," kata Agung. Setelah di awal tahun mengajukan proposal pengucuran dana BKK, pihak Pemkab Sleman akan melakukan verifikasi tergantung jenis bantuannya. Tiap desa mendapat kucuran dana BKK per tahunnya berkisar dari Rp200 juta sampai Rp800 juta.

"Misal, kalau bantuannya infrastuktur jalan, ya nanti yang akan verifikasi dari DPUPKP [Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Kawasan Permukiman] Sleman," ujar Agung.

Pihaknya menargetkan, di November ini semua anggaran pencairan dana BKK di tahap II dapat selesai disalurkan. Penggunaan dana BKK bisa berupa infrastuktur maupun pemberdayaan masyarakat.

Kepala Desa Condongcatur, Depok Reno Candra Sangaji mengatakan, ia mengajukan dana BKK di tahun ini sebanyak 10 program pemberdayaan masyarakat pada PAUD. "Ada juga penggunaannya untuk konblok dan pengaspalan jalan dari BKK," ungkap Reno pada Senin. Reno mengatakan total anggaran dari BKK di tahun ini mencapai Rp223 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kuta Selatan Bali Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,0

News
| Jum'at, 26 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement