Advertisement

Daftar Pemilih Pemilu 2019 Terkendala Data Siswa yang Memiliki E-KTP

Herlambang Jati Kusumo
Rabu, 21 November 2018 - 05:17 WIB
Kusnul Isti Qomah
Daftar Pemilih Pemilu 2019 Terkendala Data Siswa yang Memiliki E-KTP Ilustrasi e-KTP. - Solopos/M. Ferri Setiawan

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Data dari sekolah yang kurang valid terkait siswa yang memiliki e-KTP dan kesadaran siswa untuk melakukan perekaman e-KTP dinilai menjadi tantangan tersendiri dalam perekaman data pemilih pemula Pemilu 2019.

Sekretaris Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Gunungkidul Virgilio Soriano mengungkapkan dalam perekaman untuk pemilih pemula meski secara umum terbilang cukup lancar, namun tidak dipungkiri pula ada hal yang menghambat.

Advertisement

“Pertama masalahnya kesadaran dari siswa sendiri untuk perekaman. Kedua kepala sekolah terkadang diminta memberikan data yang belum rekam, malah diberikan data seluruh siswa,” ujar Virgilio, Jumat (16/11/2018).

Selain itu saat ini siswa banyak yang sedang melakukan Praktik Kerja Lapangan (PKL), sehingga sulit saat dilakukan jemput bola di sekolah. Diharapkannya siswa yang sedang PKL tersebut memiliki kesadaran untuk melakukan perekaman.

Sehingga untuk melancarkan perekaman ini diperlukan sinergitas semua pihak. Saat ini dari target 3.000 perekaman untuk pemilih pemula, sudah dilakukan perekaman sekitar 1.200. Sisa yang belum rekam diharapkan selesai sebelum masa Pemilu.

Selain pemilih pemula, Disdukcapil juga tengah menjemput bola untuk perekaman penduduk yang memiliki keterbatasan seperti disabilitas, dan penduduk lanjut usia.

Sebelumnya Komisioner bidang pengawasan, hubungan masyarakat dan hubungan antar lembaga Bawaslu Gunungkidul, Rosita mengharapkan meski, Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP) 2 di Gunungkidul sudah ditetapkan, namun masih perlu ada perhatian untuk pemilih pemula yang belum melakukan rekam e-KTP.

“Jangan sampai pemilih pemula hilang hak pilihnya. Kami harapkan dari sekitar 3.000 pemilih pemula itu dapat terakomodir semua. Semoga tahun ini dapat terselesaikan perekaman e-KTP itu,” ujarnya.

Untuk data wajib rekam e-KTP di Gunungkidul saat ini memang kurang sekitar 2%. Dari 608,367 wajib e-KTP, yang sudah melakukan perekaman ada 594,147. Data tersebut terus bergerak, karena diupdate setiap harinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Empat Anggota Dewan Diperiksa KPK Terkait Titipan Paket Pekerjaan APBD

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 12:27 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement