Advertisement

Kawasan Gunung Gentong Jadi Daya Tarik Kawasan Utara Gunungkidul

Herlambang Jati Kusumo
Sabtu, 01 Desember 2018 - 09:17 WIB
Kusnul Isti Qomah
Kawasan Gunung Gentong Jadi Daya Tarik Kawasan Utara Gunungkidul Kawasan wisata Gunung Gentong di Ngalang, Gedangsari, Jumat (30/11/2018). - Ist/Pemkab Gunungkidul

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Meski saat ini kawasan wisata di Gunungkidul masih didominasi kawasan selatan atau Pantai, namun sebenarnya wisata di kawasan utara juga terus berkembang. Salah satunya wisata Gunung Gentong.

Gunung Gentong sendiri tepatnya berlokasi di Dusun Manggung, Desa Ngalang, Kecamatan Gedangsari. Untuk menuju kawasan wisata ini memang perlu perjuangan karena jalanan yang cukup menanjak.

Advertisement

Namun perjuangan tersebut dapat terbayar jika telah sampai puncak Gunung Gentong atau yang terkenal dengan sebutan 4G atau Gunung Gentong Gedangsari Gunungkidul. Dari atas 4G wisatawan dapat melihat pemandangan alam yang membentang di Gunungkidul.

Pemandangan tersebut akan terasa lebih indah jika wisatawan dapat datang waktu matahari terbit atau tenggelam. Jika beruntung berangkat di pagi hari, wisatawan juga dapat melihat kabut, seakan wisatawan sedang di atas awan.

Salah satu wisatawan yang berkunjung ke wisata Gunung Gentong, Arista msngatakan bahwa wisata ini bisa menjadi alternatif disaat bosan untuk berkunjung ke kawasan pantai. Selain itu kawasan wisata yang belum terlalu ramai ini, menurutnya lebih nyaman.

"Disini bagus pemandangannya, sengaja kalau datang lebih baik pagi bisa melihat kabut juga. Sudah ada spot-spot selfie juga," ujarnya Jumat (30/11/2018).

Dia berharap kawasan wisata ini tetap terjaga kelestariannya, termasuk dari bersih dari sampah yang sering menadi masalah pada kawasan wisata. "Keamanan tentunya perlu diperhatikan juga, untuk keselamatan pengunjung," ujarnya.

Sebelumnya, Sekretaris Dinas Pariwisata (Dispar), Gunungkidul, Hary Sukmono mengungkapkan bahwa Pemkab terus berupaya mengembangkan kawasan wisata, tidak hanya di selatan namun juga di utara.

Menurut Hary pengembangan wisata di sektor utara tersebut sudah berlangsung cukup lama sekitar 2010. Pemerintah berupaya memberikan alternatif destinasi wisata seperti di Gunung Api Purba Nglanggeran, Gua Pindul, Kali Suci dan sejumlah lokasi lainnya.

Dengan berkembangnya wilayah utara menurutnya dapat semakin mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pariwisata. Diklaim setiap tahunnya PAD pariwisata terus meningkat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kejagung Tetapkan 5 Tersangka Baru Kasus Korupsi Timah, Bos Maskapai Penerbangan Terlibat

News
| Sabtu, 27 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement