Dua Tanggul di Sleman Jebol Akibat Hujan Deras

Tanggul di Sungai Boyong, Dusun Dayakan, Desa Sardonoharjo, Ngaglik pada Kamis (6/12/2018). Tanggul tersebut ambrol pada sehari sebelumnya. - Harian Jogja/Fahmi Ahmad Burhan
06 Desember 2018 13:50 WIB Fahmi Ahmad Burhan Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN- Hujan dengan intensitas tinggi pada Rabu (5/12/2018) menyebabkan dua tanggul ambrol di Sleman. Selain itu, angin kencang pun membuat pohon tumbang di tiga titik.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sleman Makwan mengatakan longsor terjadi setelah sebelumnya hujan dengan intensitas lebat terjadi di wilayah DIY. Di Sungai Boyong, Dusun Dayakan, Desa Sardonoharjo, Ngaglik longsor yang terjadi menyebabkan tanggul ambrol.

"Tanggul itu tergerus sungai, karena derasnya aliran air, hujan juga lebat. BPBD langsung menangani dengan mengecek ke lokasi dan sudah dipasangi garis tanda bahaya," ujar Makwan pada Kamis (6/12/2018).

Longsor juga membuat tanggul di Dusun Jambean, Desa Banyurejo, Tempel ambrol. Tanggul yang ambrol tersebut membuat dua rumah yang dihuni 4 KK terganggu akses jalannya.

Tidak hanya longsor yang membuat dua tanggul ambrol, pada Rabu (5/12/2018) juga angin kencang membuat pohon tumbang di tiga titik. "Total ada tujuh pohon di tiga titik yang tumbang mengganggu jaringan listrik dan akses jalan," kata Makwan.

Tiga titik yang terkena pohon tumbang petama di SDN Kadisobo, Desa Trimulyo, Sleman. Tiga pohon ketapang yang tumbang menimpa halaman sekolah. Titik kedua di Dusun Sompilan, Desa Tegaltirto, Berbah, dua pohon tumbang mengganggu jaringan listrik dan akses jalan kampung. Terakhir di Dusun Jetis Baran, Desa Sardonoharjo, Ngaglik dua pohon tumbang membuat akses jalan terganggu. Setelahnya BPBD Sleman melakukan pemotongan pohon.