Advertisement

Pengelolaan Terminal Giwangan Dinilai Belum Efektif

Redaksi Solopos
Jum'at, 13 September 2013 - 13:59 WIB
Nina Atmasari
Pengelolaan Terminal Giwangan Dinilai Belum Efektif

Advertisement

[caption id="attachment_447070" align="alignleft" width="314"]http://www.harianjogja.com/baca/2013/09/13/pengelolaan-terminal-giwangan-dinilai-belum-efektif-447067/terminal-giwangan-jogja-antara-4" rel="attachment wp-att-447070">http://images.harianjogja.com/2013/09/terminal-GIWANGAN-JOGJA-antara.jpg" alt="" width="314" height="209" /> Terminal Giwangan (JIBI/Harian Jogja/Antara)[/caption]

Harianjogja.com, JOGJA- Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan DIY menilai pengelolaan Terminal Giwangan oleh pemerintah daerah setempat belum efektif sehingga perlu dilakukan perubahan agar fungsi terminal tersebut sesuai dengan statusnya sebagai terminal tipe A.

Advertisement

"Kami melihat, sebagai terminal tipe A, pengelolaan Terminal Giwangan belum efektif. Masih ada beberapa hal yang perlu dibenahi, khususnya pada sisi standar pelayanannya," kata Kepala Sub Auditorat Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan DIY Nugroho Her Wibowo, Jumat (13/9/2013).

Menurut Nugroho, pihaknya sudah memberikan sejumlah rekomendasi ke Pemerintah Kota Jogja untuk meningkatkan efektifitas pengelolaan terminal yang terangkum dalam laporan hasil pemeriksaan kinerja.

Salah satu permasalahan pengelolaan yang menjadi sorotan BPK adalah masih banyak bus luar daerah yang memilih tidak masuk ke Terminal Giwangan tetapi mengakhiri perjalanannya di terminal lain seperti Terminal Jombor.

"Sebagai terminal yang menghubungkan dua provinsi atau lebih, seharusnya bus masuk ke terminal. Jika bus tidak masuk terminal tentunya akan mengurangi pemasukan dari retribusi," katanya.

Selain itu, BPK juga menyoroti sejumlah fasilitas pendukung yang masih kurang seperti tempat pencucian bus yang representatif, fasilitas pelayanan kesehatan dan kondisi kebersihan terminal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Yusril Serahkan Berkas Putusan Asli MK ke Prabowo Subianto

News
| Selasa, 23 April 2024, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement