Advertisement

IMIGRAN GELAP : Nelayan Diimbau Hati-hati terhadap Imigran di Pantai Selatan

Kusnul Isti Qomah
Kamis, 31 Oktober 2013 - 10:17 WIB
Nina Atmasari
IMIGRAN GELAP : Nelayan Diimbau Hati-hati terhadap Imigran di Pantai Selatan Pihak kepolisian mengamankan kapal yang akan membawa imigran gelap beserta isinya agar tidak hanyut terbawa ombak.

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL - Nelayan di wilayah pantai selatan Gunungkidul diimbau berhati-hati jika ada imigran yang mereka temui di wilayah tersebut.

Kapolres Gunungkidul AKBP Faried Zulkarnaen mengatakan pihaknya masih terus melakukan pengembangan kasus http://www.harianjogja.com/baca/2013/10/31/imigran-gelap-kapal-nelayan-pengangkut-imigran-diamankan-461162" target="_blank">tertangkapnya 30 imigran gelap di Pantai Ngluwen, Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Sabtu (19/10/2013) lalu.

Advertisement

Hingga saat ini Polres sudah menetapkan tiga tersangka yakni S, M dan W yang merupakan nelayan di Pantai Baron. Tersangka M dan W diduga merupakan pihak yang mengkoordinir, memfasilitasi serta mencarikan penginapan, truk dan kapal.

Sementara itu nahkoda Kapal Miras, kapal yang mengangkut para imigran dari pantai menuju kapal besar mereka, masih dalam penyelidikan.

“Dari info yang kami dapatkan nahkoda tersebut tidak berada di sini [Gunungkidul],” imbuh dia.

Kanit Pidsus Polres Gunungkidul Aiptu Suparman menambahkan Polres Gunungkidul mengamankan delapan awak kapal jungkung. Polres masih melakukan penyelidikan terkait sejauh mana keterlibatan para awak kapal tersebut.

“Kami akan melihat apakah ada unsur kesengajaan atau tidak. Dari pengakuan mereka, ketika akan berangkat melaut ada orang yang tiba-tiba ingin nitip orang untuk diangkut ke kapal yang sudah siaga di tengah,” tutur dia.

Suparman menambahkan para nelayan tersebut juga mengaku dijanjikan akan diberikan imbalan uang Rp100.000 sebagai ganti uang bahan bakar.

Dengan kejadian ini diharapkan para nelayan untuk lebh berhati-hati. Ketika ada kejadian seperti itu diharapkan langsung melapor kepada pihak yang berwajib sehingga tidak terseret dalam kasus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement