Advertisement

Tanah Longsor di Gedangsari Timpa Rumah Yusowiyono

Ujang Hasanudin
Rabu, 12 Februari 2014 - 11:18 WIB
Nina Atmasari
Tanah Longsor di Gedangsari Timpa Rumah Yusowiyono Warga bekerja bakti membersihkan rumah milik Yusowiyono, 80, di Dusun Suruh, Desa Hargomulyo, Kecamatan Gedangsari yang rusak kena longsor, Senin (10/2/2014). (JIBI/Harian Jogja - Ujang Hasanudin)

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Rumah milik Yusowiyono, 80, di Dusun Suruh, Desa Hargomulyo, Kecamatan Gedangsari, rusak kena longsor, Senin (10/2).

Rumah Yusowiyono yang terbuat dari dinding bambu membentuk limasan itu nyaris rata dengan tanah setelah tertimpa material dari tebing setinggi 11 meter di belakang rumahnya yang ambruk sekitar pukul 18.00 WIB. Sebelum longsor, hujan deras disertai angin melanda wilayah tersebut.

Advertisement

“Pas hujan deras dan mati lampu saya sama anak dan cucu saya masih dalam rumah,” kata Yusowiyono di sela-sela memperbaiki rumahnya, Selasa (11/2/2014).

Beberapa saat setelah hujan reda, Yusowiyono mendengar suara gemuruh di belakang rumahnya.
Dia pun langsung keluar rumah. Setelah melihat tebing mulai terlihat bongkahan tanah dia langsung megajak anak dan cucunya ke luar rumah.

“Setengah jam kemudian tanah dan batu masuk ke dalam rumah,” kata Yusowiyono.

Seketika dia langsung minta bantuan warga namun karena kondisinya gelap perbaikan rumah dilakukan keesokan harinya, sementara dia mengungsi di rumah tetangga yang aman.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Gunungkidul Budi Harjo mengaku instansinya masih menghitung kerugian akibat bencana longsor tersebut. Dia mengimbau masyarakat untuk tetap waspada karena potensi longsor di wilayah Gedangsari masih mungkin terjadi mengingat curah hujan masih tinggi.

Budi menyatakan Gedangsari merupakan salah satu wilayah yang masuk zona merah bahaya tanah longsor karena letak goegrafisnya yang bertebing. Kondisi tanah juga labil jika terus menerus tertimpa hujan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement