Advertisement

Tahun ini, Pengawas UAN Lebih Banyak

Sabtu, 12 April 2014 - 12:58 WIB
Nina Atmasari
Tahun ini, Pengawas UAN Lebih Banyak Polisi berjaga saat pekerja menurunkan kardus berisi soal Ujian Nasional (UN) tingkat SMA sederajat di gudang Disdikpora, Kota Jogja, Kamis (10/4/2914). Soal tersebut akan didistribusikan ke 30 SMA/SMK yang ditunjuk menjadi koordinator kelompok kerja di wilayah DI. Yogyakarta pada Sabtu (12/4/2014). (Gigih M. Hanafi/JIBI - Harian Jogja)

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN- Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Sleman, Arif Haryono menyatakan pada pelaksanaan Ujian Akhir Nasional (UAN) tahun ini jumlah pengawas UAN yang berasal dari perguruan tinggi lebih banyak dari tahun sebelumnya.

“Tahun lalu setiap sekolah hanya satu, sekarang didasarkan pada jumlah ruangan,” katanya, Jumat (11/4/2014).

Advertisement

“Kalau sekolah punya ruangan [ujian] satu sampai tiga akan punya satu pengawas dari perguruan tinggi. Kalau jumlah ruangannya empat sampai 10 pengawasnya dua, dan seterusnya,” jelas Arif Haryono.

Secara keseluruhan, Disdikpora Sleman menyiapkan 582 pengawas UAN SMA dan 782 pengawas UAN SMK. Pengawas dari perguruan tinggi di Sleman diwakili oleh pihak Universitas Gadjah Mada.

Sementara pengawas dari tingkat sekolah akan dilakukan secara silang. “Pengawas dari sekolah lain tidak akan membantu siswa. Diharapkan ada asas objektivitas,” kata Arif.

Selain itu, Disdikpora juga akan membuka posko UAN guna mendukung kelancaran program tersebut. “Apa saja bisa dilaporkan masyarakat dan siapapun yang menemukan pelanggaran selama UAN berlangsung,” ungkap Arif Haryono.

Laporan pengaduan yang masuk ke posko akan ditindaklanjuti dengan melihat porsi kewenangan penanganan. “Kami lihat dulu apakah itu kewenangan sekolah, pokja, atau Disdik Provinsi,” kata Arif.

Dia memaparkan, tahun lalu tidak ada laporan terkait pelanggaran, hanya laporan bahwa beberapa siswa berhalangan mengikuti ujian.

Arif berharap hasil UAN tahun ini lebih optimal. Hal tersebut mengacu pada angka kelulusan tahun 2013 yang terbilang tinggi. “SMA lulus 99,88 persen dan SMK 99,97 persen,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement