PENEMUAN BAYI JOGJA : Menangis di Pinggir Jalan

Ilustrasi mayat bayi (Bbc.co.uk)
23 Januari 2015 09:40 WIB Ujang Hasanudin Jogja Share :

Penemuan bayi Jogja, beruntung anak tersebut masih dalam keadaan sehat.

Harianjogja.com, JOGJA-Seorang bayi laki-laki yang diperkirakan berumur satu bulan ditemukan warga di Jalan Lowanu, Sorosutan, Umbulharjo, Jogja, Kamis (22/1/2015) pagi. Bayi dalam keadaan masih bernafas itu kini dalam perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jogja.

Kepala Sub Bidang Hukum dan Pelayanan Pelanggan Dyah Widyastuti RSUD Jogja saat dihubungi membenarkan, pihaknya menerima penyerahan bayi dari polisi. Saat diterima bayi itu dalam kondisi kedinginan terkena air embun. Menurutnya, bayi laki-laki dengan berat 4,3 gram dan panjang 52 sentimeter itu masih dalam perawatan di
ruang Fatma.

"Secara umum bayi dalam kondisi sehat. Hanya kedinginan. Usianya sekitar satu bulanan," kata Diyah.

Dyah mengatakan, bayi yang diduga dilahirkan dengan normal itu kini masih dalam perawatan. Setelah itu, pihak rumah sakit akan berkoordinasi dengan Dinas Sosial untuk mencari perawat bayi.

Kepala Polsekta Umbulharjo Komisaris Polisi Ahmad Nanang Wibowo mengatakan, bayi laki-laki itu ditemukan warga yang tengah melintas di Jalan Lowanu sekitar pukul 05.30 WIB. Karena takut, warga kemudian melapor polisi.

Polisi langsung mendatangi lokasi kejadian dan mendapati bayi dalam keadaan menangis. Di samping bayi juga ditemukan beberapa potong pakaian bayi serta peralatan mandi untuk bayi. Ia menduga orangtua bayi sengaja meletakkan bayinya dipinggir jalan dengan maksud agar ada yang merawat.

Saat ini, polisi masih mengumpulkan keterangan dari saksi-saksi di sekitar lokasi kejadian untuk mengungkap pelaku pembuangan bayi tersebut.

"Bisa jadi yang membuang bayi bukan warga sekitar Umbulharjo karena lokasinya di pinggir jalan. Tapi kita masih dalami," tandas Nanang.