Advertisement

BANJIR BANTUL : Duh, 6 Rumah Terancam Ambrol

Bhekti Suryani
Jum'at, 23 Januari 2015 - 19:20 WIB
Mediani Dyah Natalia
BANJIR BANTUL : Duh, 6 Rumah Terancam Ambrol Warga bentaran Sungai Gajah Wong Senin (19/1/2015) melakukan evakuasi barang-barang yang tersisa dan dapat diselamatkan paska-tanggul jebol pada Minggu (18/1/2015) sore. (JIBI/Harian Jogja - Gigih M. Hanafi)

Advertisement

Banjir Bantul, jebolnya tanggul Sungai Gadjah Wong pada Minggu (18/1/2015) masih menyisakan ancaman bagi warga.

Harianjogja.com, BANTUL-Jebolnya Sungai Gajah Wong pada Minggu (18/1/2015) masih menyisakan ancaman. Setidaknya bagi enam rumah maupun pemakaman di sekitar bentaran sungai tersebut.

Advertisement

Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bantul Anton Viktori mengatakan enam rumah di sekitar sungai Gadjah Wong kini masih terancam ambrol akibat tergerus air sungai. Selain satu bangunan pos kamling yang sudah ambrol dan nyaris hanyut.

Kepala Dusun Sorowajan Baru, Sularto mengatakan sejak tanggul sungai jebol, air tidak hanya mengalir dari utara ke selatan layaknya aliran normal, namun juga berbelok ke timur dan menghantam permukiman penduduk.

Pondasi salah satu rumah penduduk mulai tergerus akibat meningkatnya debit air sungai pada Rabu (21/1). Di luar dua rumah warga yang lebih dahulu rusak parah setelah tanggul jebol pada Minggu.

"Yang kami khawatirkan air juga mengenai makam, sebagian pondasi makam sudah tergerus," jelas Sularto.

Akibat bencana ini, tercatat 28 jiwa yang tinggal di RT 18, 19 dan RT 20 kini terpaksa mengungsi di aula mushola terdekat. Jebolnya tanggul sungai juga mengakibatkan enam ekor kambing hanyut dan lebih dari 30 kolam ikan rusak dihantam banjir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Pastikan Tidak Impor Bawang Merah Meski Harga Naik

News
| Kamis, 25 April 2024, 13:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement