PRAJA BHAKTI TARUNA : 450 Taruna Akmil Siap Bantu Bangun Infrastruktur di Gunungkidul

02 Maret 2015 12:20 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Praja Bhakti Taruna Akmil menerjunkan 450 taruna untuk membantu membangun infrastruktur di Gunungkidul

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL - Sebanyak 450 taruna Akademi Militer (Akmil) Magelang akan ikut program pembangunan infrastruktur di Gunungkidul. Rencananya selama satu minggu akan menjalani kegiatan Praja Bhakti Taruna Akmil di Kecamatan Patuk dan Nglipar.

Gubernur Akmil, Mayor Jenderal, Sumardi mengatakan, program Praja Bhakti Taruna merupakan kegiatan rutin yang digelar setiap tahun. Para taruna akan diterjunkan di tengah-tengah masyarakat untuk mengabdi, salah satunya untuk melakukan pembangunan di tempat mereka diterjunkan.

“Untuk kegiatan ini akan dibagi dalam beberapa kelompok dan akan diterjunkan di dua kecamatan, yakni Nglipar dan Patuk. Mereka akan berbondong-bondong melakukan perbaikan sarana dan prasarana yang ada di kecamatan itu,” kata Sumardi kepada wartawan seusai menghadiri pembukaan program Praja Bhakti Taruna di Alun-alun Wonosari, Minggu (1/3/2015).

Dia menjelaskan, program ini tidak ada bedanya dengan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD). Sedangkan, pemilihan Gunungkidul sebagai lokasi Praja Bhakti taruna, dikarenakan sering digunakan berlatih para taruna akmil.

“Selain bekerja membangun infrastruktur yang ada, para taruna akan tinggal di tengah-tengah warga. Langkah ini diambil, untuk lebih mendekatkan anggota dengan masyarakat,” ujar Gubernur Akmil itu.

Bupati Gunungkidul Badingah menjelaskan, kegiatan ini sangat penting bagi pembangunan wilayah di Gunungkidul. Dengan bantuan ratusan tenaga prajurit TNI ini akan mempermudah proses pembangunan.

“Kami sangat terbantu, karena mereka memiliki komitmen untuk ikut berperan dalam proses pembangunan di sini, terutama mengenai pembangunan sarana dan prasarana pendukung, seperti jalan dan saluran irigasi,” ungkap Badingah.

Dia menjelaskan,bantuan tenaga yagn diberikan salah satunya akan digunakan untuk memerbaiki akses jalan menuju ke kawasan Embung Batara Sriten di Desa Pilangrejo, Nglipar.

Selain itu, ada juga anggota yang diterjunkan untuk membangun sarana irigasi area persawahan di Kedungkeris, Nglipar.

“Sangat banyak manfaatnya, sehingga kami sangat terbantu dengan adanya kegiatan ini,” kata Badingah.

Pembukaan Praja Bhakti Taruna Akmil dihadiri ratusan warga Gunungkidul. Kegiatan ini dimeriahkan dengan aksi marching band Akmil dengan berkeliling Kota Wonosari.