Advertisement

PENEMUAN BAYI BANTUL : Janin Ini Dibuang di Sungai Progo

Bhekti Suryani
Sabtu, 28 Maret 2015 - 06:20 WIB
Mediani Dyah Natalia
PENEMUAN BAYI BANTUL : Janin Ini Dibuang di Sungai Progo Ilustrasi mayat bayi (Bbc.co.uk)

Advertisement

Penemuan bayi Bantul berada di tempat bervariasi.

Harianjogja.com, BANTUL- Pembunuhan terhadap bayi yang kelahirannya tidak diinginkan di Bantul semakin sadis. Seorang bayi dibuang dengan cara dihanyutkan di sungai Progo.

Advertisement

Pembuangan bayi secara sadis bukan kali pertama terjadi di Bantul. Tahun lalu, seorang bayi baru lahir dibuang ibunya sendiri ke kolam lele. Tren sadisnya pembunuhan atau pembuangan bayi itu diungkapkan psikolog dari Lembaga Psikologi dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (LPPSDM) Aksita Jogja, Lucia Peppy Novianti.

"Kalau dulu orang membuang bayi ke panti asuhan, sekarang dihanyutkan. Pemberitaan dari media menunjukan semakin banyak pembuangan bayi secara sadis," kata Lucia.

Dari sisi psikologi, perempuan atau ibu pembuang bayi menurut Lucia saat ini kebanyakan memiliki kemampuan yang rendah menghadapi krisis atau masalah. Misalnya menghadapi kehamilan tidak diinginkan. Salah satu cara paling cepat mengatasi frustasi itu adalah dengan secepatnya menyingkirkan bayi yang dianggap sebagai masalah.

Sementara cara sadis yang dipilih menurutnya bisa karena meniru kasus lain. "Bisa meniru dari media karena cara menyingkirkan bayi ya dibuang, dibunuh itu yang dia tahu," imbuhnya.

Lucia menyarankan, pendikan seks di kalangan remaja atau masyarakat tidak hanya membahas mengenai kesehatan reproduksi dan norma-norma sosial. Namun juga mengajarkan, bagaimana mengatasi masalah bila seseorang terlanjur mengalami kehamilan tidak diinginkan.

"Edukasi itu bisa dilakukan di sekolah atau di lembaga terkait seperti puskesmas dan dinas sosial, agar juga mengajarkan bagaimana menghadapi konsekuensi. Tapi bukan berarti mengajarkan hamil di luar nikah," terang dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Lowongan Kerja: Kemensos Buka 40.800 Formasi ASN 2024, Cek di Sini!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 16:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement