WISATA JOGJA : Ada 4 Zona Baru di Taman Pintar

Walikota Jogja Haryadi Suyuti meninjau zona baru yang diluncurkan di Taman Pintar, Senin (4/5/2015). (Switzy Sabandar/JIBI - Harian Jogja)
05 Mei 2015 07:20 WIB Jogja Share :

Wisata Jogja di Taman pintar, ada empat zona baru

Harianjogja.com, JOGJA-Taman Pintar melakukan gebrakan dengan meluncurkan empat zona baru sekaligus, Senin (4/5/2015).

Zona Sahabat Pemberani, Zona Kelistrikan, Zona Telekomunikasi, dan Galeri Kota Pusaka diharapkan dapat menjadi sarana literasi sains masyarakat sekaligus mendongkrak kunjungan wisatawan ke Taman Pintar. Dengan diluncurkannya zona baru, jumlah zona di Taman Pintar saat ini berjumlah 50 buah.

Keberadaan empat zona baru tersebut merupakan hasil kerjasama Taman Pintar dengan empat mitra, meliputi, Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Manajer Komunikasi, Hukum dan Administrasi Distribusi Jawa Tengah - DIY PT PLN (Persero), Sales Area Manager Inner DIY PT Indosat Tbk, dan Kasubdit Wilayah II Direktorat Penataan Bangunan dan Lingkungan (PBL) Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPU-PR).

Kepala Kantor Taman Pintar Yunianto Dwisutono mengungkapkan selain menghadirkan peraga-peraga pendidikan termuktahir, menjalin kerjasama dengan berbagai pihak diperlukan untuk mengembangkan keberadaan dan mengoptimalkan peran Taman Pintar Jogja sebagai wadah pembelajaran sains yang kian mencerdaskan dan menyenangkan.

“Tiap zona memiliki kekhasan masing-masing sesuai dengan spesialisasinya, demikian pula dengan empat zona baru yang baru saja diluncurkan ini,” ujarnya.

Ia menguraikan, Zona Sahabat Pemberani merupakan bentuk komitmen KPK dalam misinya menanamkan nilai-nilai anti korupsi semenjak dini kepada masyarakat terutama pelajar, dengan dukungan Deutsche Gesellschaft fur Internationale Zusammenarbeit GmbH (GIZ) dari Jerman.

“Pembelajaran disampaikan semenarik mungkin antara lain melalui kinect games dan pohon harapan,” imbuh Yunianto.

Sementara, jelasnya, Zona Kelistrikan adalah hasil kerjasama Taman Pintar dengan PLN yang melengkapi tampilan peraga serta muatan keilmuan kelistrikan dan Zona Telekomunikasi diperbarui melalui kerjasama dengan Indosat menampilkan pembelajaran perihal mekanisme komunikasi jarak jauh melalui pengembangan jaringan infrastruktur seluler.

Terakhir, Galeri Kota Pusaka yang merupakan hasil kerjasama dengan KemenPU-PR, menggali tampilan budaya dan kearifan lokal Jawa khususnya Jogja yang dikemas dalam booth.

Walikota Jogja Haryadi Suyuti mengatakan keberadaan empat zona baru diharapkan dapat menambah wawasan masyarakat yang berkunjung.

“Kalau ada wahana baru, orang akan penasaran dan berkunjung, jika menikmati akan mengulangi kunjungan dan secara otomatis meningkatkan jumlah kunjungan,” terangnya. Ia menyebutkan, saat ini jumlah kunjungan wisatawan ke Taman Pintar mencapai satu juta orang per tahun.