WISATA GUNUNGKIDUL : Gua Pindul Ditutup, Ratusan Wisatawan Kecewa

Situasi di area masuk Gua Pindul terlihat sepi dan tidak ada seorang pun yang beraktivitas di salah satu destinasi unggulan di Gunungkidul ini. Selasa (11/10/2016). (David Kurniawan/JIBI - Harian Jogja)
11 Oktober 2016 20:20 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Wisata Gunungkidul di Gua Pindul ditutup dua hari

 
Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL - Obyek Wisata Gua Pindul, Desa Bejiharjo, Karangmojo ditutup selama dua hari, mulai Selasa (11/10/2016) hingga Rabu (12/10/2016).

Penutupan dilakukan sebagai bentuk belasungkawa atas tewasnya Giyo, salah seorang pemandu, saat mengantarkan wisatawan untuk menyusuri gua tersebut.

Musibah tenggelamnya salah seorang pemandu ternyata tidak diketahui oleh pengjung. Hal itu terlihat masih adanya ratusan wisatawan yang mendatangi obyek wisata susur Gua Pindul, meski tempat itu sudah dinyatakan ditutup selama dua hari.

Akibat ada penutupan ini, ratusan pengunjung yang datang harus gigit jari karena tidak bisa menyusuri gua tersebut.

Salah satu rasa kekecewaan disuarakan oleh rombongan Studi Tour SMP Muhammadiyah 8 Batu, Kota Batu, Jawa Timur. Ratusan siswa yang datang menggunakan tiga buah bus pariwisata itu tidak bisa melakukan susur Gua Pindul karena obyek tersebut ditutup.

Sebagai gantinya, rombongan tersebut dialihkan untuk melakukan kunjungan ke obyek lain, seperti Gua Kristal yang letaknya tidak jauh obyek utama.

“Kami datag ke sini untuk melihat Pindul, eh sampai di lokasi ternyata tidak bisa masuk ke dalam,” kata Idham Hastiro, salah seorang peserta studi tour SMP Muhammadiyah 8 Batu, Selasa (11/10/2016).

Meski mengaku agak kecewa, namun dirinya bisa menerima alasan yang dari pengelola karena demi alasan keamanan. “Katanya ada kiriman banjir sehingga kegiatan susur gua tidak bisa dilakukan. Mendapat alasan itu, kami seluruh rombongan  manut saja,” ungkap dia.