Angin Kencang di Gunungkidul, 5 Rumah Rusak

Kediaman Partini di Dusun Pelem RT 01 RW 03 Desa Pundungsari, Semin yang tertimpa pohon nangka dan jati yang tumbang akibat angin kencang, Selasa (1/12/2015). (JIBI/Harian Jogja - Uli Febriarni)
13 Oktober 2016 20:20 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Angin kencang di Gunungkidul menyebabkan lima rumah rusak

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Sedikitnya lima rumah milik warga di Desa Kemiri, Kecamatan Tanjungsari rusak akibat terjangan angin kencang pada Rabu (12/10/2016) sore.

Koordinator Taruna Siaga Bencana (Tagana) Gunungkidul, Mardi mengatakan angin kencang yang terjadi pada Rabu sore membuat lima rumah di Desa Kemiri Rusak.

Meski tak sampai merobohkan bangunan rumah, namun sapuan angin membuat genteng rumah milik warga pecah. Adapun rumah yang rusak di antaranya milik Somejo,79; Wongsorejo,67; Sutiyo,47 dan Sarjo Suwito, yang semuanya warga di Dusun Karangnongko, Kemiri.

“Warga juga sudah melakukan kerja bakti untuk membenahi rumah-rumah yang rusak,” kata Mardi kepada wartawan, Kamis (13/10/2016)

Sedikitnya lima rumah warga Desa Kemiri Kecamatan Tanjungsari, rusak. Sedang puluhan rumah lain rusak ringan, termasuk Sutiyo,47, Sarjo Suwito pohon berbagai jenis dan ukuran tumbang.

Dia menjelaskan, embusan angin kencang terjadi bersamaan dengan hujan deras yang turun Rabu sore. Dari informasi warga, embusan angin tidak begitu lama karena hanya terjadi sekitar lima menit, namun dampaknya bisa dirasakan warga. Selain beberapa rumah rusak, juga terdapat pohon yang tumbang.

“Kita sudah lakukan pengecekan. Meski ada kerugian materi, peristiwa tersebut tidak sampai menimbulkan korban jiwa,” katanya lagi.