LONGSOR GUNUNGKIDUL : Talut Mongkrong Ambrol, Warga Segera Bersih-bersih

Ilustrasi tanah longsor (JIBI/Harian Jogja - Kusnul Isti Qomah)
18 Oktober 2016 14:55 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Longsor Gunungkidul terjadi di Dusun Mongkrong Sampang Gedangsari

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Hujan deras yang terus mengguyur membuat talut setinggi dua meter di Desa Sampang, Kecamatan Gedangsari ambrol pada Senin (17/10/2016) pagi.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa in karena lokasi ambrol masih berjarak beberapa meter dari rumah warga.

Akibat peristiwa itu, puluhan warga Dusun Mongkrong, Sampang melakukan kegiatan kerja bakti untuk membersihkan material longsir. Warga berharap ada proses perbaikan sehingga kerusakan tidak meluas saat hujan turun kembali.

Salah seorang warga Dusun Mongkrong Jumraji mengatakan, talut yang longsor berada tepat di samping rumah miliknya. Namun ia merasa beruntung karena material longsoran tidak merusak rumah yang dimiliki.

“Material longsor hanya menimbun bangunan di samping rumah, tapi tidak sampai merusak,” katanya kepada wartawan, Senin.

Menurut dia, ambrolnya talut tidak lepas dari hujan deras yang terjadi sejak Minggu malam. Akibatnya talut yang berada di samping rumah ambrol karena gerusan dari air hujan.

“Saya harap ada proses perbaikan karena saya takut lokasi ambrol akan meluas saat hujan turun lagi,” ungkapnya.

Sementara itu, Anggota Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Gunungkidul Kusmiyanto mengatakan, pihaknya sudah koordinasi dengan para perangkat desa untuk melakukan antisipasi terhadap meluasnya kerusakan talut.

Salah satu langkah yang dilakukan dengan jalan membuat saluran sehingga saat hujan turun, air tidak mengalir ke saluran tersebut dan tidak melewati talut.

“Meski sudah ada upaya meminimalisir kerusakan, kami berharap agar warga tetap waspada terhadap ancaman longsor karena wilayah Gedangsari termasuk salah satu zona rawan di Gunungkidul,” ungkapnya.