Advertisement

MASYARAKAT EKONOMI ASEAN : Kereta Api Hubungkan Negara di Asteng

Kusnul Isti Qomah
Rabu, 19 Oktober 2016 - 05:20 WIB
Mediani Dyah Natalia
MASYARAKAT EKONOMI ASEAN : Kereta Api Hubungkan Negara di Asteng Seremonil pembukaan yang diikuti 7 perusahaan operator kereta api se ASEAN Railways CEOs Conference (ARCEO) ke 38 di Royal Ambarukmo, Depok, Sleman, Selasa (18/10. Dalam pertemuan tersebut diharapkan terciptanya konektivitas antar negara Asia Tenggara melalui moda transportasi Kereta Api untuk menjawab tantangan di era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). (Gigih M. Hanafi/JIBI - Harian Jogja)

Advertisement

Masyarakat Ekonomi Asean dipererat dengan moda kereta api.

Harianjogja.com, SLEMAN -- ASEAN Railways CEOs' Conference (ARCEO) ke-38 digelar di DIY pada 18-20 Oktober 2016. Agenda besar yang dibahas yanki konektivitas antar negara di Asia Tenggara melalui moda transportasi kereta api (KA) untuk menjawab tantangan era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Advertisement

Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Edi Sukmoro mengungkapkan dalam konferensi ini akan dibahas berbagai aspek teknis, operasi, marketing, pelayanan, teknologi, dan perkembangan Perkeretaapian di ASEAN.

"Selain itu, konferensi ini juga untuk menjawab tantangan era MEA serta mengenai kereta cepat di Indonesia, Thailand, dan Vietnam," ujar dia dalam jumpa pers usai pembukaan ARCEO ke-38 di Hotel Royal Ambarrukmo Yogyakarta, Sleman, Selasa (18/10/2016).

Edi mengatakan, MEA telah mendorong terciptanya persaingan pasar pada 600 juta penduduk negara anggota ASEAN. Konektivitas juga menjadi isu umum yang kerap dibahas dalam berbagai level pertemuan antar pemerintah negara anggota ASEAN. KA diharapkan mampu menciptakan konektivitas untuk mempermudah distribusi logistik, sumber daya manusia (SDM), modal, dan investasi.

"KA sekaligus diharapkan mampu mengurangi kesenjangan kualitas pelayanan angkutan penumpang dan barang yang masih terjadi di negara-negara ASEAN," papar dia.

Konferensi ini menjadi kesempatan untuk mengamati berbagai tantangan, kesempatan, dan potensi kerja sama di masa depan antara perusahaan operator perkeretaapian di ASEAN. Ia optimistis cepat atau lambat semua gagasan yang dihasilkan bisa diterapkan sebagai bagian dari konektivitas ASEAN.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 4 minutes ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Lowongan Kerja: Kementerian PUPR Akan Buka 6.300 Formasi CPNS dan 19.900 PPPK, Ini Rinciannya

News
| Sabtu, 20 April 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement