HARGA KEBUTUHAN POKOK : Harga Daging Ayam Naik Rp2.000

Seorang pedagang daging ayam di Pasar Kranggan menyediakan daging ayam dalam bentuk fillet, Senin (1/8/2016). (Bernadheta Dian Saraswati/JIBI - Harian Jogja)
05 Desember 2016 15:35 WIB Bernadheta Dian Saraswati Jogja Share :

Harga kebutuhan pokok di Jogja untuk komoditas daging ayam naik Rp2.000

Harianjogja.com, JOGJA-Harga daging ayam di Pasar Kranggan saat ini Rp32.000 per kilogram (kg). Harga tersebut naik Rp2.000 sejak Sabtu (3/12/2016) akhir pekan lalu.

Salah satu pedagang daging ayam broiler di kawasan Pasar Kranggan Tini mengatakan, harga daging ayam memang sedang tidak stabil. Terakhir pada Sabtu kemarin ia hanya menjual Rp30.000 per kg tetapi sekarang sudah kembali naik. Ia tak tahu pasti penyebabnya namun besar kemungkinan karena faktor banyaknya hajatan.

Biasanya, kata dia, kebutuhan daging ayam untuk hajatan baik itu pernikahan, peringatan arwah, maupun sunatan membuat permintaan daging ayam naik.

Hal itulah yang kemudian memicu harga di pasaran menjadi meningkat. “Kalau pasokannya, lancar saja. Aman,” katanya pada Harianjogja.com.

Namun, terlepas dari adanya acara hajatan atau tidak, biasanya memasuki akhir tahun harga daging ayam memang naik. Kondisi tersebut sama saat menjelang Lebaran di mana permintaan naik dan harga di pasaran menjadi mahal.

Dalam sehari, ia dapat menjual sekitar 20kg. Konsumen terbanyak dari kalangan bisnis rumah makan. Meski ada pedagang yang menjual daging ayam khusus bagian paha, Tini memilih menjual semua bagian ayam mulai dari paha, kepala, sayap, sampai cakar. “Semuanya laku kok,” tuturnya.