WISATA GUNUNGKIDUL : Waspadai Sungai Pantai Baron, Ada Apa?

Upacara pengibaran bendera di Pantai Baron, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Gunungkidul, Rabu (17/8/2016). (Mayang Nova Lestari/JIBI - Harian Jogja)
08 Desember 2016 21:55 WIB Bhekti Suryani Gunungkidul Share :

Wisata Gunungkidul di pantai perlu memperhatikan berbagai hal saat musim hujan.

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL -- Kunjungan wisatawan ke pantai selatan Gunungkidul mulai meningkat memasuki Desember. Wisatawan diminta ekstra waspada saat berenang di sungai yang terletak di Pantai Baron, pada musim hujan saat ini.

Koordinator SAR Wilayah II Gunungkidul Marjono mengatakan, wisatawan yang berkunjung ke pantai selatan saat musim hujan seperti sekarang harus hati-hati. Pasalnya kata dia, terjadi peningkatan kedalaman air sungai empat hingga lima meter.

“Padahal dalam kondisi normal atau saat tidak terjadi musim hujan, kedalamannya hanya satu hingga satu setengah meter,” kata Marjono, Kamis (8/12/2016). Selain rawan tenggelam bagi wisatawan yang tidak pandai berenang, arus sungai juga meningkat saat musim hujan.

Arus sungai tersebut mengalir ke arah timur dan bermuara ke tengah Pantai Baron.

“Jadi kalau ada yang tenggelam atau terseret arus bahaya langsung terseret ke tengah pantai,” ujarnya lagi. Belum lagi ancaman abrasi yang melanda kawasan sungai bebeberapa waktu belakangan akibat hujan deras. Abrasi juga mengancam keamanan wisatawan yang bermain di dekat sungai.