Advertisement

CUACA EKSTREM : Hati-hati, Angin Kencang Terjadi hingga 3 Hari Ke Depan

Sunartono
Selasa, 20 Desember 2016 - 08:55 WIB
Mediani Dyah Natalia
CUACA EKSTREM : Hati-hati, Angin Kencang Terjadi hingga 3 Hari Ke Depan JIBI/SOLOPOS/Agoes RudiantoCUACA EKSTREM-Awan kelabu dilihat dari gedung bertingkat di Kota Solo, Selasa (20/3). Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika mengeluarkan peringatan dini guna meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi hujan yang dapat disertai kilat - petir dan angin kencang berdurasi singkat di Jawa Tengah bagian utara, timur dan selatan pada bulan Maret ini.

Advertisement

Cuaca ekstrem berupa angin kencang dapat menimbulkan bencana

Harianjogja.com, JOGJA -- Koordinator Pos Klimatologi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) DIY Joko Budiono mengatakan, angin kencang diprediksi akan terjadi hingga tiga hari ke depan di wilayah DIY.

Advertisement

Adapun kecepatan angin bisa mencapai 25 knot atau sekitar 46 kilometer per jam. Angin kencang ini juga diikuti gelombang tinggi yang terjadi di pesisir selatan DIY. Sehingga para nelayan maupun pengguna transportasi laut lainnya diminta meningkatkan kewaspadaan. Ombak pantai selatan diprediksi bisa mencapai 2,5 meter hingga 3,5 meter. Penyebab angin kencang ini karena ada tekanan udara rendah di kawasan pesisir selatan Jawa atau di Samudera Hindia bagian selatan.

"Saat ini sedang ada daerah tekanan rendah yang menyebabkan potensi angin kencang muncul, kita harapkan kewaspadaan terutama masyarakat beberapa hari ke depan, gejala masih ada, prediksi tiga hari ke depan. Kalau tekanan rendah ini hilang akan kembali hujan seperti semula," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Jogjapolitan | 9 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Hari Warisan Dunia Tekankan Peran Anak Muda sebagai Pelestari Warisan Budaya Berkelanjutan

News
| Kamis, 18 April 2024, 23:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement