LALU LINTAS GUNUNGKIDUL : Kemacetan Capai 7 Km, Pemerintah Angkat Tangan

Aktivitas penarikan retribusi di pintu utama Pos Retribusi Baron. (David Kurniawan/JIBI - Harian Jogja)
22 Desember 2016 21:55 WIB Bhekti Suryani Gunungkidul Share :

Lalu lintas Gunungkidul untuk kemacetan di Pantai Selatan Tak Tertangani

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL -- Pemerintah angkat tangan menangani kemacetan di jalur wisata dari Pantai Baron hingga Indrayanti pada libur Natal dan tahun baru kali ini. Kemacetan di jalur wisata tersebut mencapai hingga tujuh kilometer.

Kepala Polres Gunungkidul Ajun Komisaris Polisi (AKBP) Nugrah Trihadi mengatakan, tidak ada cara yang dapat dilakukan saat ini untuk memberantas kemacetan di jalur wisata. Khususnya di jalur yang membentang dari Pantai Baron ke Indrayanti.

Pasalnya kata dia, ruas jalan di jalur wisata tersebut terlalu sempit, dengan lebar hanya sekitar lima meter. Padahal bus yang melintas berkapasitas besar. Sementara, jalan tersebut menjadi satu-satunya jalur alias tidak ada jalan alternatif yang dapat mengubungkan kedua pantai itu.

"Kalau setiap tahun kondisinya begitu terus macet, ya itulah yang bisa kita lakukan," kata Nugrah Trihadi, Kamis (22/12/2016).

Koordinator SAR Wilayah II Gunungkidul Marjono mengatakan, kemacetan dari Pantai Baron dan Indrayanti seperti yang sudah-sudah mencapai hingga tujuh kilometer. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Gunungkidul sebelumnya menargetkan jumlah kunjungan sebanyak 250.000 jiwa terhitung sejak 23 Desember hingga 2 Januari 2017.