WISATA SLEMAN : Sleman Gagas Konsep Ecohomestay

06 Mei 2017 19:20 WIB Abdul Hamied Razak Sleman Share :

Wisata Sleman terus berbenah.

Harianjogja.com, SLEMAN -- Sektor pariwisata di Sleman terus berbenah. Salah satu upaya yang akan dilakukan dengan mengembangkan konsep ecohomestay di desa-desa wisata. Pemkab pun mempersiapkan Peraturan Bupati (Perbup) untuk merealisasikan gagasan tersebut.

Kepada Dinas Pariwisata Sleman Sudarningsih menjelaskan, dari 31 desa wisata di Sleman tidak seluruhnya menyediakan homestay sebagai sarana akomodasi wisatawan. Saat ini tersedia homestay di 10 desa wisata. Rata-rata homestay berada di desa-desa wisata yang sudah mandiri.

Keberadaan homestay ini, lanjutnya, mampu meningkatkan taraf ekonomi masyarakat. Sebabnya, wisatawan yang bisa datang dalam jumlah besar dan durasi kunjungannya berlangsung lama.

"Saat ini yang banyak mengakses homestay didominasi wisatawan pelajar. Mereka datang dengan rombongan," ujarnya kepada Harianjogja.com, Jumat (5/5/2017).

Ke depan, lanjut Ningsih, Pemkab akan melakukan pengembangan ecohomstay di desa-desa wisata. Tujuannya, untuk mengembangkan pendapatan warga sekitar dengan tetap menerapkan batasan-batasan dari konsep pengembangan ekowisata. Misalnya, bangunan homestay harus memiliki ciri atau kekhasan Sleman.