WISATA SLEMAN : Sarat Kearifan Lokal, Seperti Ini Konsep Ecohomestay

07 Mei 2017 10:22 WIB Abdul Hamied Razak Sleman Share :

Wisata Sleman terus berbenah.

Harianjogja.com, SLEMAN -- Sektor pariwisata di Sleman terus berbenah. Salah satu upaya yang akan dilakukan dengan mengembangkan konsep ecohomestay di desa-desa wisata. Pemkab pun mempersiapkan Peraturan Bupati (Perbup) untuk merealisasikan gagasan tersebut.

Baca Juga : http://m.harianjogja.com/?p=814915">WISATA SLEMAN : Sleman Gagas Konsep Ecohomestay

Kepada Dinas Pariwisata Sleman Sudarningsih  menyampaikan homestay dengan konsep kearifan lokal masyarakat ini dapat memberikan pengalaman hidup bagi pengunjung. Mereka bisa berinteraksi langsung dengan warga, belajar adat, budaya atau kegiatan lainnya.

"Jika ecohomestay ini dikembangkan dan dikelola secara profesional, maka akan memberikan dampak positif bagi pada pelaksanaan pemasaran desa wisata," paparnya, Jumat (5/5/2017).

Untuk itu, katanya, Pemkab saat ini sedang menyiapkan konsep pengembangan homestay di desa-desa wisata. Baik masalah standar bangunan, fasilitas hingga tarif homestay yang kompetitif.

"Tujuan akhirnya, tentu untuk meningkatkan taraf ekonomi dan kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Bupati Sleman Sri Purnomo mengatakan, pengembangan homestay di desa-desa wisata merupakan solusi untuk mengakomodasi wisatawan yang berkunjung ke Sleman. Pasalnya, sejak dua tahun terakhir Sleman sudah melakukan moratorium perizinan pendirian hotel.

"Kalau homestay-homestay dikembangkan di desa-desa, masyarakatlah yang akan menikmati hasilnya," kata dia.