SERANGAN WANNACRY : Pelayanan 2 Dinas Ini Sempat Tersendat

16 Mei 2017 04:22 WIB Ujang Hasanudin Jogja Share :

Serangan wannacry coba diantisipasi Pemkot Jogja

Harianjogja.com, JOGJA -- Dinas Komunikasi Informasi dan Persandian Kota Jogja menyatakan sudah mengantisipasi serangan virus Ransomeware Wannacry dengan mematikan semua jaringan komputer di semua organisasi perangkat daerah (OPD) hingga kecamatan. Sejak Minggu (14/5/2017) malam.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Komunikasi Informasi dan Persandian Kota Jogja, Tri Hastono mengatakan pengecekan komputer dan server ini menghentikan beberapa pelayanan khususnya pelayanan yang membutuhkan akses jaringan ke Pemerintah Pusat, salah satunya adalah Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Jogja.

Baca Juga : http://www.harianjogja.com/?p=816959">SERANGAN WANNACRY : Pelayanan yang Butuhkan Akses Jaringan ke Pusat Terganggu

Terkait hal tersebut, Ia mengakui ada beberapa warga yang belum tahu tetap datang untuk mengecek data namun tidak bisa dilakukan.

"Ada juga warga yang minta surat keterangan kependudukan tetap belum bisa kami proses karena kami harus mengecek ke jaringan server pusat." katanya, Senin (15/5/2017).

Namun demikian, kata dia, untuk pelayanan lainnya yang bisa dilayani, seperti penerbitan kartu keluarga, dan pengambilan visik KTP. Karena menggunakan jaringan intranet.

Deddy memastikan sejak keluar imbauan dari Kementerian Komunikasi Informatika pihaknya langsung mengerahkan 11 teknisi khusus Disdukcapil untuk mengecek semua komputer dan menginstal sesuai petunjuk Kemeninfo.

Selain Didukcapil, Dinas Kesehatan Kota Jogja juga tidak bisa mengakses Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan karena harus ada koneksi internet. Sementara pelayanan lainnya tetap jalan dengan jaringan lokal.