Advertisement

SERANGAN WANNACRY : Pelayanan 2 Dinas Ini Sempat Tersendat

Ujang Hasanudin
Selasa, 16 Mei 2017 - 04:22 WIB
Mediani Dyah Natalia
SERANGAN WANNACRY : Pelayanan 2 Dinas Ini Sempat Tersendat

Advertisement

Serangan wannacry coba diantisipasi Pemkot Jogja

Harianjogja.com, JOGJA -- Dinas Komunikasi Informasi dan Persandian Kota Jogja menyatakan sudah mengantisipasi serangan virus Ransomeware Wannacry dengan mematikan semua jaringan komputer di semua organisasi perangkat daerah (OPD) hingga kecamatan. Sejak Minggu (14/5/2017) malam.

Advertisement

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Komunikasi Informasi dan Persandian Kota Jogja, Tri Hastono mengatakan pengecekan komputer dan server ini menghentikan beberapa pelayanan khususnya pelayanan yang membutuhkan akses jaringan ke Pemerintah Pusat, salah satunya adalah Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Jogja.

Baca Juga : http://www.harianjogja.com/?p=816959">SERANGAN WANNACRY : Pelayanan yang Butuhkan Akses Jaringan ke Pusat Terganggu

Terkait hal tersebut, Ia mengakui ada beberapa warga yang belum tahu tetap datang untuk mengecek data namun tidak bisa dilakukan.

"Ada juga warga yang minta surat keterangan kependudukan tetap belum bisa kami proses karena kami harus mengecek ke jaringan server pusat." katanya, Senin (15/5/2017).

Namun demikian, kata dia, untuk pelayanan lainnya yang bisa dilayani, seperti penerbitan kartu keluarga, dan pengambilan visik KTP. Karena menggunakan jaringan intranet.

Deddy memastikan sejak keluar imbauan dari Kementerian Komunikasi Informatika pihaknya langsung mengerahkan 11 teknisi khusus Disdukcapil untuk mengecek semua komputer dan menginstal sesuai petunjuk Kemeninfo.

Selain Didukcapil, Dinas Kesehatan Kota Jogja juga tidak bisa mengakses Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan karena harus ada koneksi internet. Sementara pelayanan lainnya tetap jalan dengan jaringan lokal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement