Peringati 100 Tahun Kongregasi Suster CB, Panti Rapih Gelar Bina Lingkungan

06 Maret 2018 12:20 WIB Kusnul Isti Qomah Jogja Share :

RS Panti Rapih ingin mengajak masyarakat menjalankan gaya hidup sehat

Harianjogja.com, JOGJA-Rumah Sakit Panti Rapih tengah menggelar kegiatan bina lingkungan untuk memperingati 100 tahun keberadaan kongregasi suster-suster cinta kasih St Carolus Boromeus.

Humas RS Panti Rapih Monica Helvi Mustika D mengatakan, kegiatan itu digelar untuk mewujudkan lingkungan sekitar rumah sakit yang sehat. Melalui kegiatan ini, RS Panti Rapih ingin mengajak masyarakat menjalankan gaya hidup sehat dan menjaga kebersihan lingkungannya.

Berbagai kegiatan pun digelar untuk meramaikan perayaan itu. Rangkaian diawali dengan sosialisasi program bina lingkungan yang digelar di Aula Syantikara, Minggu (11/2/2018).

Kegiatan dilanjutkan dengan kerja bakti, pembagian tempat sampah, dan penyuluhan kesehatan. "Kami melakukannya di Pedukuhan Samirono, Minggu [18/2/2018]," jelas dia ketika mengunjungi Griya Harian Jogja, Jogja, Selasa (6/3/2018).

Helvi menjelaskan, kegiatan lain yang sudah dilaksanakan yakni penyuluhan kesehatan pada Minggu (25/2/2018). Kegiatan dilakukan di dua tempat yakni Perkampungan Terban RW 7 dan RW 8 Gondokusuman serta Pedukuhan Sagan, Caturtunggal.

"Sepekan kemudian, yakni 4 Maret 2018, kami mengadakan kerja bakti dan pembagian tempat sampah. Kami lakukan di perkampungan Terban RW 7 dan RW 8 Gondokusuman serta Pedukuhan Sagan, Caturtunggal juga," jelas dia.

Ia menjelaskan, ke depan masih ada beberapa kegiatan yang menanti. Agenda itu yakni penanaman, pengolahan hasil penanaman, lomba lingkungan hijau, bazar hasil tanaman, dan pengumuman pemenang. "Puncaknya nanti kami gelar Oktober 2018," papar dia.

Selain informasi mengenai rangkaian kegiatan itu, dalam kunjungan ke Griya Harian Jogja, Helvi juga menginformasikan pembangunan area parkir di RS Panti Rapih yang menunjukkan progres yang baik. Diperkirakan tiga bulan lagi, area parkir bawah tanah sudah bisa difungsikan.

Ia menjelaskan, total ada sembilan lantai untuk parkir yang terdiri dari tiga lantai basement dan enam lantai vertikal. "Tiga bulan lagi, area parkir kami harapkan bisa difungsikan," ujar dia.

Pembangunan area parkir ini untuk mengatasi persoalan parkir yang ada. Diharapkan, pembangunan ini akan menambah kenyamanan bagi masyarakat. "Ini salah satu upaya kami untuk meningkatkan pelayanan," jelas dia.

Dalam kunjungan itu, turut hadir Kepala Marketing RS Panti Rapih Eliza, Kepala Promosi Kesehatan dokter Rita, dan Maria Vita dari bagian humas.