BPD di Sleman Diminta Tingkatkan Pengawasan terhadap Pemdes

13 Maret 2018 12:20 WIB Abdul Hamied Razak Sleman Share :

Jajaran BPD diharapkan melaksanakan tugas dengan baik

Harianjogja.com, SLEMAN-Ratusan anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di wilayah Sleman diberi pembekalan. Mereka diminta untuk serius mengawasi kinerja pemerintah desa (pemdes).

Asekda Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Purwatno Widodo berharap agar jajaran BPD melaksanakan tugas dengan baik. Dengan begitu mereka dapat memberikan kontribusi bagi masyarakat, pembangunan, dan proses pemerintahan desa. Sesuai dengan Perda No.15/2016, di setiap desa harus dibentuk BPD sebagai perwujudan demokrasi dalam penyelenggaraan pemerintahan desa.

"Pembentukan BPD melibatkan seluruh warga. Diharapkan agar pelaksanaan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan desa dapat memberikan manfaat nyata bagi kemajuan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat desa," katanya saat membuka pembinaan anggota BPD di lantai III Setda, Selasa (13/3/2018).

Dia mengingatkan, tugas utama BPD adalah melakukan fungsi pengawasan sebagai mitra pemdes sehingga setiap kebijakan yang diambil dapat merepresentasikan kepentingan masyarakat. Dengan fungsi dan tugas tersebut diharapkan aspirasi masyarakat secara langsung lebih dapat terakomodasi. Baik untuk proses perencanaan pembangunan desa, penetapan peraturan desa, maupun pelaksanaan pembangunan daerah.

Selain mengakomodir aspirasi masyarakat, BPD juga berwenang untuk ikut membahas Rancangan Peraturan Desa, mengawasi pelaksanaan perdes dan perkades agar pelaksanaan kinerja pemerintah desa berjalan baik.

"Yang jelas keberadaan BPD sebagai unsur penyelenggara Pemdes bisa menjadi wadah atau sarana yang efektif guna memfasilitasi kebutuhan serta aspirasi masyarakat," katanya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Priyo Handoyo mengatakan, pembinaan anggota BPD tersebut untuk menyamakan persepsi tentang peran BPD dalam penyelenggaraan pemerintahan desa dan peran desa dalam kemandirian desa. Ada 100 peserta dalam pembinaan tersebut yang merupakan perwakilan anggota BPD.