Memasuki Masa Pancaroba, Warga Diimbau Waspadai Tiga Penyakit Ini

20 Maret 2018 13:55 WIB Sleman Share :

BMKG DIY memprediksi masa pancaroba bakal terjadi sepanjang Maret hingga April

Harianjogja.com, SLEMAN-Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) DIY memprediksi masa pancaroba bakal terjadi sepanjang Maret hingga April. Untuk itu, selain cuaca ekstrem, masyarakat juga diminta waspada terhadap serangan sejumlah penyakit.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Sleman Novita Krisnaeni mengatakan, beberapa penyakit yang perlu diwaspadai saat masa pancaroba adalah demam berdarah dengue (DBD), infeksi saluran pernafasan atas (ISPA), dan diare. Oleh karena itu selama masa pancaroba masyarakat diharapkannya bisa menerapkan pola hidup sehat, seperti menjaga lingkungan sekitar agar tetap bersih.

“Saat masa pancaroba, masyarakat harus mewaspadai beberapa penyakit yang banyak menyerang, yakni DBD, ISPA, dan diare,” katanya, Senin (19/3/2018).

Berdasarkan data yang ia miliki, jumlah penderita DBD sejak awal tahun sampai saat ini (19/3/2018) sebanyak 33 penderita, sementara untuk penderita diare mencapai 2.699 orang, dan penderita ISPA sebanyak 19.853 orang.

Setelah masuk musim kemarau, kata Novita masyarakat akan rentan terserang diare karena kualitas air yang tidak baik. Sementara, sampai saat ini belum ada perkembangan penyakit yang begitu signifikan akibat masa peralihan dari musim hujan ke musim kemarau.

Untuk itu, pihaknya sudah menyosialisasikan kepada masyarakat terkait dengan gerakan dan pola hidup sehat. Beberapa upaya yang dilakukan seperti agenda rutin Jumat Bersih serta pengontrolan kesehatan masyarakat selama sekali dalam sepekan.