Ini Objek Wisata di Kaliurang yang Ngehits saat Libur Paskah

Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Kawasan Wisata Kaliurang. (Fahmi Ahmad Burhan/JIBI - Harian Jogja)
01 April 2018 05:50 WIB Fahmi Achmad Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN--Kunjungan di Kawasan Wisata Kaliurang mengalami peningkatan selama libur akhir pekan perayaan Paskah dan memperingati wafatnya Isa Almasih. Munculnya tempat wisata baru seperti The World Landmarks Merapi Park dan The World Castle Merapi banyak menarik minat wisatawan.

Petugas Lapangan Kawasan Wisata Kaliurang Sri Purwati mengatakan pada hari libur seperti Paskah tahun ini membuat jumlah kunjungan Kawasan Wisata Kaliurang meningkat. Berdasakan data kunjungan, pada Jumat (23/3/2018) pekan lalu, jumlah kunjungan hanya mencapai 935 orang. Sedangkan pada Jumat (30/3/2018) lalu saat libur Paskah, jumlah kunjungan mencapai hingga 2.870 orang atau hampir tiga kali lipatnya. Sedangkan dibanding hari sebelumnya, pada Kamis (29/3/2018) jumlah pengunjung hanya mencapai 805 orang.

“Memang biasa kalau hari libur, karena sebelumnya juga sering libur tiga hari, dan pasti terjadi kenaikan, yang paling signifikan kalau masuk libur Lebaran,” kata Sri, Sabtu (31/3/2018).

Sri mengatakan di Kawasan Wisata Kaliurang muncul tempat-tempat wisata baru dan menjadi tren, seperti The World Landmarks Merapi Park dan The World Castle. “Banyak wisatawan yang berkunjung ke sini menanyakan The World Landmarks Merapi Park dan The World Castle, itu yang jadi favoritnya wisatawan,” ujarnya.

Pengunjung menggunakan motor masih mendominasi. Pada Jumat, jumlah kunjungan menggunakan motor mencapai 504 kendaraan, mobil pribadi 494, sedangkan bus mencapai 18 buah. “Kadang kalau bus itu, di hari biasa tidak ada kunjungan memakai bus sama sekali, sementara kemarin itu, rombongan memakai bus bisa mencapai 18,” katanya.

Biaya retribusi untuk memasuki Kawasan Wisata Kaliurang mengalami kenaikan saat musim liburan. Pada hari biasa biaya retribusi sebesar Rp2000, sedangkan saat libur meningkat menjadi Rp3000.

Kawasan Wisata Kaliurang mempunyai banyak lokasi wisata, seperti Goa Jepang Kaliurang, Taman Wisata Kaliurang, Museum Gunungapi Merapi (MGM), Museum Ulen Sentalu, The World Landmarks Merapi Park dan lainnya.

Plt Kepala UPT MGM Ari Triono memprediksi kunjungan untuk MGM pada hari libur bisa mencapai 1.500 orang. “Selama tiga hari liburan ini [libur Paskah] kami memprediksikan bisa mencapai 1.500 orang,” jelasnya. Sementara, pada Jumat jumlah pengunjung MGM mencapai 1.303 orang.

Menurutnya, rata-rata selama dua minggu ini kunjungan paling dominan berasal dari rombongan sekolah. Kunjungan MGM paling banyak berasal dari kota-kota terdekat di luar DIY seperti Klaten dan Magelang. Sementara, MGM melakukan promosi di beberapa kota yang potensial dan belum banyak jumlah kunjungannya.