Advertisement

Diklat SAR MTA Ditutup di Waduk Sermo

Nina Atmasari
Senin, 09 April 2018 - 21:37 WIB
Nina Atmasari
Diklat SAR MTA Ditutup di Waduk Sermo Penutupan Diklat Dasar SAR MTA ke IX di Waduk Sermo. - Ist/ SAR

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO- Sebanyak 136 peserta selesai mengikuti pendidikan dan latihan (Diklat) Dasar SAR MTA ke IX di Waduk Sermo yang berlangsung 1 sampai 7 April 2018.

Para peserta tidak hanya dari Soloraya Jateng dan DIY tetapi dari luar pulau di antaranya Oku Timur, Riau dan Sumbar.

Penutupan diklat secara simbolis dilakukan oleh Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo. Upacara penutupan dihadiri 300 tamu undangan termasuk relawan berbagai potensi.

Dalam sambutannya, Hasto menyampaikan terimakasih atasĀ  kehadirannya di Kulonprogo. "Selanjutnya mengharapkan kepada hadirin perannya dalam membangun negara dengan memberikan karya yang nyata jangan hanya bekerja tetapi berkarya," katanya.

Sebagai pemateri dalam Diklat adalah Badan Pencarian dan Pertolongan Basarnas kantor Yogyakarta. Sejumlah materi yang diberikan di antaranya Jungle Rescue, Navigasi Darat, Survival, Water Rescue dan Vertikal Rescue.

Semua materi disampaikan secara teori dan praktek. Teori disampaikan di MTA cabang kecamatan Sleman, sedangkan praktek dilaksanakan di hutan lindung Sermo serta water rescue dilaksanakan di Waduk Sermo, dengan menggunakan peralatan Perahu LCR dan Motor tempel sebanyak 4 buah milik Yayasan MTA.

Selain materi pengetahuan dan teknik para pelatih juga menyampaikan materi penggemblengan fisik dengan push up, sit up, jalan jongkok dengan membawa beban tas ransel di punggung setiap pagi hari dan jika melakukan kesalahan.

Mentalpun digembleng agar dalam menghadapi tekanan dan peristiwa di lapangan tetap fokus pada tugas sebagai anggota SAR. Semua peserta dengan antuasias mengikuti semua materi sampai dengan selesai.

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Hasan Nasallah Tewas Dibunuh Israel, Hashem Safieddine Disebut-sebut Menggantikan Posisi Pimpinan Hizbullah

News
| Minggu, 29 September 2024, 06:57 WIB

Advertisement

alt

Menyusuri Assos, Permata di Aegean Utara Turki

Wisata
| Sabtu, 28 September 2024, 01:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement