Advertisement

UIN Suka Buka Program Doktor PAI

Sunartono
Minggu, 22 April 2018 - 14:10 WIB
Laila Rochmatin
UIN Suka Buka Program Doktor PAI Ilustrasi wisuda mahasiswa. (Reuters - Fabian Bimmer)

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN--UIN Sunan Kalijaga Jogja meluncurkan Program Doktor Prodi Pendidikam Agama Islam (PAI), Jumat (20/4/2018). Penyelenggaraan Program Doktor Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Sunan Kalijaga didasarkan pada SK Dirjen Pendidikan Islam Kemenag No.5463/2017.
 
Rektor UIN Sunan Kalijaga Prof. Yudian Wahyudi menjelaskan program S3 harus mengembangkan struktur berpikir mahasiswa, sehingga mampu menjawab tantangan pendidikan Islam di era milenial. Tujuannya agar lulusan mampu memperkokoh kehidupan berbangsa dan bernegara serta menguatkan NKRI berbasis pendidikan Islam. "Kelebihan mahasiswa S3 ini mampu membaca teks Arab dan Inggris, mempunyai kecakapan akademik, serta bisa memberi sumbangan pemikiran yang mencerahkan dan terbaru kepada masyarakat," ucap dia, Jumat (20/4/2018).

Kaprodi PAI Pascarsarjana Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Prof. Maragustam menambahkan profil lulusan S3 PAI yaitu ahli dalam pendidikan Islam dan penelitian serta konsultan bidang pendidikan agama Islam. Pihaknya menyiapkan desain kurikulum berdasarkan standar pendidikan nasional, dengan basis penelitian sesuai Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). "Dengan itu, melahirkan disertasi yang kreatif, teruji, original," kata dia.

Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Kementerian Agama Prof. Arskal Salim mengatakan tantangan pendidikan Islam saat ini jauh berbeda dengan zaman klasik dan pertengahan. Tantangan zaman sekarang selain menghadapi pertarungan ideologi besar dunia, juga menghadapi berbagai kecenderungan yang tak ubahnya seperti badai besar.

"Pendidikan agama berperan sebagai benteng kepribadian dan pembekalan hidup untuk andil dalam persaingan di kancah dunia. Diharapkan generasi milenial sekarang mampu  menguasai teknologi untuk kemajuan umat Islam dan bangsa Indonesia," katanya.

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Penetapan Pilpres oleh KPU, Gibran: Nanti Ada Beberapa Pertemuan

News
| Selasa, 23 April 2024, 12:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement