Advertisement

Pemkab Permudah Akses Permodalan untuk Industri Kecil

Uli Febriarni
Minggu, 20 Mei 2018 - 13:15 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Pemkab Permudah Akses Permodalan untuk Industri Kecil Ilustrasi layanan KUR - Antara/JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, WATES—Pemkab Kulonprogo mengklaim berupaya memberikan kemudahan permodalan bagi pelaku usaha dan industri rakyat untuk mengembangkan usaha.

Sekretaris Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kulonprogo, Ch. Tri Subekti Widayati, mengatakan salah satu langkah yang ditempuh adalah memfasilitasi pelaku usaha dalam meraih pinjaman berbunga rendah yang merupakan program kementerian, misalnya berbentuk Kredit Usaha Rakyat (KUR). Pemkab juga memfasilitasi agar pelaku usaha mendapat akses bantuan modal dari tanggung jawab sosial perusahaan (CSR), utamanya Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Advertisement

Ia menegaskan, kendati meraih bantuan permodalan tergolong mudah, pelaku usaha yang ingin mendapat akses bantuan harus memiliki persyaratan minimal, yaitu surat Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK). "Mendapatkan IUMK juga tidak susah, bisa mengurusnya di kantor kecamatan," kata dia, Minggu (20/5/2018).

Kepala Bidang Perindustrian Dinas Perdagangan Kulonprogo, Dewantoro, mengungkapkan, untuk bisa mendorong pengembangan usaha, jajarannya berusaha menjalin komunikasi dengan para perajin agar mereka menyampaikan kendala usaha, sehingga pemerintah bisa mengetahui permasalahan lebih luas, bukan hanya permodalan.

Beberapa kendala itu misalnya desain, pemasaran, bahkan kebutuhan akan pelatihan untuk pengembangan sumber daya manusia atau perbaikan produk yang ditawarkan ke konsumen.

Disdag juga memberikan pendampingan dalam bentuk alat produksi, pelatihan, membantu pemasaran lewat pameran, penjualan lewat daring. "Kami juga terus mendorong agar pelaku usaha memiliki daya tahan yang tinggi," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Bawa Sabu-Sabu 5 Kg dan Ribuan Pil Ekstasi, Penumpang Pesawat Diamankan Petugas Bandara Soetta

News
| Kamis, 18 April 2024, 20:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement