Advertisement

Ingin Hadiah Rp100 Juta, Ayo Ikut Sleman Temple Run

Fahmi Ahmad Burhan
Rabu, 04 Juli 2018 - 14:15 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Ingin Hadiah Rp100 Juta, Ayo Ikut Sleman Temple Run Ilustrasi lomba lari - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Dinas Pariwisata (Dispar) Sleman bakal menggelar Sleman Temple Run, Minggu (29/7/2018). Acara yang rutin diadakan tiap tahun mulai 2015 tersebut diharap memberi dampak positif terhadap kemajuan pariwisata di Sleman.

Kepala Dispar Sleman, Sudarningsih, mengatakan acara Sleman Temple Run akan diikuti sejumlah peserta dari mancanegara. "Jerman, Inggris, Australia, Singapura juga Kenya ikut jadi peserta," katanya kepada wartawan, Rabu (4/7/2018).

Advertisement

Tahun ini start dan finish Sleman Temple Run digelar di Candi Banyunibo. Dusun cepit, Desa Bokoharjo, Kecamatan Prambanan. Tahun sebelumnya, acara selalu digelar di Tebing Breksi. Menurut Sudarningsih, dengan adanya event lari mengelilingi kawasan pariwisata seperti Candi Banyunibo diharapkan lebih meningkatkan jumlah kunjungan wisata. "Peserta diharapkan membawa keluarganya untuk berkunjung ke Sleman," kata Sudarningsih.

Beberapa kawasan candi yang dilewati pada gelaran Sleman Temple Run di antaranya Candi Barong, Candi Sojiwan, Candi Miri, Candi Ijo, dan Situs Arca Gupala. Dalam acara Sleman Temple Run, Dispar Sleman juga bekerja sama dengan Trail Runners Jogjakarta. Kategori lomba dibagi menjadi dua yakni 25K dan 13K. Total hadiah yang diperebutkan senilai Rp100 juta.

Penyelenggara dari Trail Runners Jogjakarta, Ramdhan Krisnawan Hartanto, mengatakan Sleman Temple Run menggunakan konsep lari trail. "Akan ada tantangan tersendiri ketika lari trail, dan itu beda dengan lari marathon. Lari trail lebih memacu adrenalin, tidak begitu jauh, tetapi medan cukup menantang," katanya.

Peserta lomba akan melalui perbukitan dan permukiman di Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan. Total tanjakan mencapai 1.080 meter untuk kategori 25K, sedangkan untuk kategori 13K total tanjakan 540 meter.

Sampai saat ini tercatat sudah ada 515 peserta yang mendaftar, termasuk peserta dari mancanegara. "Pendaftaran sudah dibuka tiga bulan yang lalu, sedangkan penutupan aturannya sudah bulan Juni lalu, tapi kami masih membuka untuk 100 orang pendaftar. Pada H-15 pendaftaran kami tutup," ujar Ramdhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

2 Oknum Pegawai Lion Air Jadi Sindikat Narkoba, Begini Modus Operasinya

News
| Kamis, 18 April 2024, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement