Advertisement

Kekurangan Personel Pengawas, Ini yang Dilakukan Bawaslu Gunungkidul

Jalu Rahman Dewantara
Jum'at, 07 September 2018 - 14:20 WIB
Arief Junianto
Kekurangan Personel Pengawas, Ini yang Dilakukan Bawaslu Gunungkidul Ilustrasi Pemilu 2019 - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Gunungkidul memberi kesempatan bagi pelajar berusia 17 tahun untuk berpartisipasi dalam pengawasan Pemilu 2019. Para pelajar diminta jadi bagian dari sukarelawan demokrasi.

Divisi Sumber Daya Manusia dan Organisasi Bawaslu Gunungkidul, Rini Iswandari mengatakan saat ini jumlah pengawas untuk pemilu 2019 di Gunungkidul berjumlah sekitar 1.000 orang. Jumlah tersebut menurutnya tidak sebanding dengan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang mencapai lebih dari 2.300 TPS. "Idealnya satu TPS minimal satu pengawas," ucapnya kepada Harianjogja.com, Jumat (7/9/2018).

Advertisement

Oleh karena itu Bawaslu lantas membuka kesempatan bagi pelajar yang telah berusia 17 tahun untuk bergabung menjadi pengawas. Nantinya para pelajar ini akan berperan sebagai sukarelawan demokrasi. "Ini sebenarnya gagasan dari Bawaslu Pusat, selain untuk pelajar juga terbuka bagi masyarakat umum," ucap dia.

Secara teknis para sukarelawan ini akan menjadi satu bagian dengan panitia pengawas kecamatan (panwascam). Tugasnya untuk mengawasi seluruh tahapan pemilu mulai dari awal hingga akhir.
Adapun syarat bagi para pelajar untuk menjadi sukarelawan demokrasi selain sudah berusia 17 tahun, juga memiliki pengalaman di bidang pengawasan pemilu. "Paling tidak saat pemilihan OSIS (pemilos) di sekolah masing-masing," ucap dia.

Syarat keikutsertaan panitia pemilos ini digunakan lantaran melihat pesta demokrasi tingkat sekolah merupakan media pembelajaran efektif dan berguna menjadi bekal siswa ke depan. Sehingga siswa telah memiliki pengalaman untuk digunakan sebagai pengawas pemilu 2019.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jelang Lebaran, PLN Hadirkan 40 SPKLU Baru di Jalur Mudik untuk Kenyamanan Pengguna Mobil Listrik

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 11:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement