Advertisement

Bakal Ada Kampung Wisata Baru di Kota Jogja, Ini Dia

Rahmat Jiwandono
Minggu, 07 Oktober 2018 - 00:50 WIB
Bhekti Suryani
Bakal Ada Kampung Wisata Baru di Kota Jogja, Ini Dia Ilustrasi turis asing di Jogja. - Harian Jogja/Gigih M Hanafi

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA – Dua kampung di Kelurahan Sosromenduran, Gedongtengen, Kota Jogja digadang-gadang menjadi kampung wisata baru. Dua kampung tersebut yakni Jogonegaran dan Pajeksan.

Camat Gedongtengen, Taokhid mengatakan sejumlah upaya telah disiapkan untuk mendorong dua kampung tersebut menjadi destinasi wisata baru. "Upaya yang sudah dilakukan antara lain pengembangan kesenian tari, lukis dan kesenian hadrah serta industri kuliner," ujar Taokhid, Sabtu, (6/10/2018).

Advertisement

Dikatakannya, guna mendorong perwujudan kampung wisata, rencananya akan digelar sejumlah acara di Kampung Jogonegaran dan Pajeksan saat perayaan HUT Kota Jogja.

Selama ini kata dia, yang selalu menjadi ikon kampung wisata di Kecamatan Gedongtengen adalah Kampung Sosrowijayan dan Sosromenduran.

Adapun Sosrowijayan sudah menjadi kampung wisata sejak 2012 lalu. Di dua kampung ini, kesenian barongsai menjadi daya tarik utama bagi wistawan.
Ditambahkannya, keberadaan kampung wisata di Gedongtengen bertujuan mengubah pola pikir masyarakat, mendorong kebersihan lingkungan di kawasan tersebut serta agar warga lebih terbuka kepada wisatawan.

Warga Kampung Jogonegaran, Joko, 54, berharap kampungnya memiliki kekhasan tersendiri yang ditonjolkan dibanding kampung wisata lain.

Warga Kampung Pajeksan Stannie, 34, mengatakan perlu adanya tokoh yang menggerakkan terwujudnya kampung wisata di wilayah tempat tinggalnya. "Di sini harus ada orang yang menggerakkan dan mengurus kalau mau jadi kampung wisata, warganya juga harus ikut aktif berpartisipasi," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Mendag Sebut Kemendag Tak Tinggal Diam Mengetahui Perdagangan Pakaian Bekas Impor Kembali Marak

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 14:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement