Advertisement

Pengelola Objek Wisata Diimbau Sediakan Akses Intenet Mandiri

Jalu Rahman Dewantara
Kamis, 18 Oktober 2018 - 12:15 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Pengelola Objek Wisata Diimbau Sediakan Akses Intenet Mandiri Ilustrasi tower, BTS. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kulonprogo mengimbau kepada para pengelola objek wisata di kawasan sulit sinyal untuk menyediakan akses internet mandiri seperti wifi bagi para wisatawan. Langkah ini diperlukan guna menunjang perkembangan pariwisata di Bumi Binangun.

Sekretaris Diskominfo Kulonprogo, Heri Dharmawan, mengatakan sejumlah objek wisata yang berada di area sulit sinyal alias blankspot di antaranya Kalibiru di kecamatan Kokap dan Kebun Teh Nglinggo di Kecamatan Samigaluh. Ketiadaan sinyal telekomunikasi di kedua objek wisata itu sering dikeluhkan pengunjung.

Advertisement

"Jaringan internet sudah menjadi kebutuhan pengunjung. Maka mereka [pengelola objek wisata] bisa melakukan kerja sama dengan pihak ketiga. Saya kira banyak pihak ketiga yang bisa diajak kerja sama," ucap Heri kepada Harian Jogja, Rabu (17/10/2018).

Dikatakan Heri, pada 2018 ini Diskominfo sudah menyediakan akses internet di sejumlah area publik. Tercatat 24 titik wifi telah terpasang di kawasan pariwisata, pemerintahan dan area publik lainnya. Meski demikian jumlah tersebut belum bisa menjamah ke tempat wisata yang berada di daerah pelosok. "Perlu ada inisiatif dari pengelola wisata untuk membuat akses mandiri, tidak hanya bergantung pada pemerintah," ujarnya.

Kasi Usaha dan Jasa Pariwisata Dinas Pariwisata (Dispar) Kulonprogo, Endah Supeni, mendukung imbauan tersebut. Menurutnya dengan adanya akses internet mandiri bisa menunjang promosi wisata. "Wisatawan sebagian besar memiliki hobi berfoto dan sesegera mungkin mengunggah foto mereka ke media sosial. Dengan adanya akses internet mandiri bakal mempermudah wisatawan, dan secara tidak langsung juga mempromosikan objek wisata yang ada," ucapnya.

Diakuinya sebagian besar objek wisata di Kulonprogo belum menyediakan fasilitas seperti itu. Padahal dengan manfaat yang ada hal ini bisa menunjang minat wisatawan untuk berkunjung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Putusan MK Diprediksi Tidak Akan Mengubah Hasil Pilpres

News
| Sabtu, 20 April 2024, 19:27 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement