Tujuh Formasi CPNS Pemda DIY Tak Ada Pendaftar, Ini Posisinya

Ilustari pendafataran CPNS online. - menpan.go.id
19 Oktober 2018 08:50 WIB Sunartono Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Sebanyak tujuh jabatan yang ditawarkan pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Pemda DIY tidak ada pendaftarnya. Kekosongan itu didominasi dari tenaga kesehatan serta formasi bagi penyandang disabilitas.

Kabid Pengembangan Pegawai Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DIY Poniran menjelaskan berdasarkan hasil rekapitulasi hingga Kamis (18/10/2018) tercatat ada tujuh formasi CPNS 2018 yang tidak ada pendaftarnya. Terdiri atas tiga formasi umum dan empat formasi bagi penyandang disabilitas. "Total ada tujuh formasi yang kosong, terdiri dari dua tenaga guru, dua tenaga kesehatan dan tiga tenaga teknis," ujarnya, Kamis (18/10/2018).

Tiga formasi umum yang tidak ada pendaftar antara lain, guru agama katholik ahli pertama untuk formasi dua orang yang rencananya akan ditempatkan di SMKN 1 Purworsari Gunungkidul dan SMAN 1 Semanu Gunungkidul. Serta tenaga sanitarian ahli pertama yang akan ditempatkan di RSJ Grhasia Pakem, Sleman.

Sedangkan empat formasi bagi penyandang disabilitas yang tidak ada pendaftar adalah, dokter umum satu formasi yang akan ditempatkan di RSJ Grhasia Pakem. Kemudian analis perencanaan anggaran di Asisten Keistimewaan Setda DIY, analis budidaya perikanan di Balai Pengembangan Teknologi Perikanan Dinas Kelautan dan Perikanan, serta analis kerjasama di Kantor Perwakilan Daerah.

Ia menambahkan jumlah pendaftar total tercatat 20.759 orang untuk memperebutkan 766 lowongan CPNS. Sebelumnya, saat pendaftaran ditutup memang tercatat 20.592 pendaftar, namun karena ada data yang delay kemudian setelah direkap total menjadi 20.759.

"Itu bukan tambahan tetapi data delay, karena yang namanya aplikasi itu kan ketika diclose atau tutup tidak langsung mengunci tetapi masih ada yang sudah masuk di sistemnya tetapi belum sampai ke penampungan data. Karena hari terakhir jelang penutupan perjalanan [pendaftar] cepat sekali," jelasnya.

Sekda DIY Gatot Saptadi mengatakan pihaknya akan berkonsultasi dengan Kemenpan RB terkait adanya sejumlah lowongan jabatan CPNS yang kosong tanpa pendaftar. Namun proses pelaksanaan akan dijalankan sesuai ketentuan. Pemda DIY telah menyiapkan berbagai perangkat untuk mendukung kelancaran tes CPNS.

"Kami hanya menyediakan tempat," katanya.